Sabtu, Juli 27, 2024
spot_imgspot_img
BerandaHeadlineRebutan Lahan Parkir, Lapak Hingga Spot Foto di Sembalun Dirusak

Rebutan Lahan Parkir, Lapak Hingga Spot Foto di Sembalun Dirusak

- Advertisement - Universitas Warmadewa

HarianNusa.com, Lombok Timur – Pariwisata Pulau Lombok kembali berduka, hanya lantaran rebutan lahan parkir antara dua kelompok pemuda, lapak pedagang dan spot foto di areal wisata Pusuk, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur yang terkenal digunakan untuk swafoto wisatawan dirusak dan dibakar. Kejadian terjadi sekitar pukul 11.00 Wita, Minggu (26/11).

Bentrokan bermula saat kelompok pemuda Dusun Jurang Koak, Desa Bebidas, Kecamatan Wanasaba terlibat perselisihan lahan parkir dengan pemuda Dusun Bebante dan Dusun Jorong, Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun.

Buntut dari pertikaian tersebut, puluhan lapak dan spot foto yang terkenal dirusak massa.

Kasubag Humas Polres Lombok Timur, IPTU Made Tista, menjelaskan bahwa kedua belah pihak sebelumnya sudah memiliki kesepakatan untuk pengelolaan lahan parkir di area Pusuk tersebut.

“Kesepakatannya secara bergantian seminggu sekali mulai Sabtu sampai dengan Jumat. Hari ini kebetulan giliran pemuda Dusun Jurang Koak, namun pemuda dari Dusun Bebante tidak mematuhi jadwal yang sudah disepakati,” ujarnya, Selasa (28/11).

Pemuda Dusun Bebante naik ke lokasi dan menarik parkir pada pengunjung. Akibatnya terjadi pertengkaran mulut antara kedua kelompok pemuda tersebut.

Sekitar pukul 14.00 Wita, pemuda Dusun Bebante dan Dusun Jorong kembali ke Pusuk dan merusak lapak milik pedagang dari Desa Bebidas. Hal tersebut diketahui oleh pemuda Jurang Koak, sehingga dilakukan pembalasan dengan merusak lapak milik warga Sembalun.

“Kejadian ini bukan kali pertama terjadi. Ini (sengketa lahan parkir) sering terjadi berulang-ulang, karena tidak ada kejelasan dan transparansi pengelolaan parkir wisata Pusuk Sembalun kedua kelompok pemuda,” ungkapnya.

Beberapa saat Kapolsek Sembalun bersama anggota tiba di lokasi dan melerai kedua kelompok pemuda tersebut. Bahkan kedua kelompok pemuda dipertemukan dengan Pemda Lombok Timur untuk memperjelas aturan parkir, sehingga tidak terjadi kliam sepihak.

Bentrokan tersebut tentu akan semakin membuat pengunjung “eneg” mendatangi lokasi wisata. Untuk itu peran masyarakat di sana diharapkan mampu menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung berwisata di Pusuk, Sembalun. (sat)

RELATED ARTICLES
spot_img
Sabtu, Juli 27, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Sabtu, Juli 27, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -
- Advertisment -

Banyak Dibaca

Berita Terbaru

- Advertisment -