fbpx
23 C
Mataram
Jumat, Mei 29, 2020
Update Covid-19 Indonesia
24,538
Total Kasus
Updated on 29/05/2020 6:23 am
Beranda Ekonomi Latih Pengelolaan Keuangan Daerah, BPD dan Ditjen Perimbangan Keuangan RI Gelar Bintek

Latih Pengelolaan Keuangan Daerah, BPD dan Ditjen Perimbangan Keuangan RI Gelar Bintek

HarianNusa.com, Sumbawa – Badan Pendapatan Daerah (BPD) bekerjasama dengan Direktur Jendral (Ditjen) Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia menggelar Bimbingan Teknis Keuangan Daerah di Aula H. Madilaoe ADT Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa, Kamis (7/12).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Sumbawa H.M. Husni Djibril, B.Sc menyampaikan bahwa pengelolaan keuangan tidak stagnan (macet), tetapi memiliki variabel yang sangat banyak, dan sering mengalami perubahan.

Bupati menyampaikan ingin menjaga Kabupaten Sumbawa dalam hal pengelolaan pendapatan daerah, agar kedepannya dapat tercipta pemerintahan yang hebat dan bermartabat.

“Dengan adanya Bintek Keuangan Daerah ini kami berharap kepada semua peserta agar dapat mengikuti dengan sungguh-sungguh sehingga dapat memperolah ilmu dan keterampilan terampil dalam pengelolaan keuangan,” ungkapnya.

Di tempat yang sama Direktur Pendapatan dan Kapasitas Keuangan Daerah RI Desky Wijaya, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan Bimtek tersebut merupakan program dari Menteri Keuangan RI Sri Mulyani yang memang concern dengan masalah bimbingan program peningkatan kapasitas keuangan, khususnya dalam hal peningkatan kualitas aparat keuangan di daerah, yang diharapkan ketika pemerintah pusat membuat suatu kebijakan, maka secara otomatis dapat segera diikuti dan ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah.

Lebih lanjut Desky Wijaya menyampaikan, bahwa Pemerintah Kabupaten Sumbawa mendapat tawaran langsung dari Pemerintah Pusat dalam pelaksanaan Bimtek tersebut, di mana pembiayaannya berasal dari dana APBN.

Lebih lanjut Desky menuturkan, Pemerintah Pusat berencana akan mengadakan Bimtek serupa pada tahun depan dengan jumlah hari yang lebih banyak agar penyerapan ilmu para peserta lebih maksimal, dan berharap Bimtek tersebut nantinya dapat membawa manfaat bagi aparat pengelola keuangan di Kabupaten Sumbawa.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pengendalian, Pengembangan dan Pelaporan Pendapatan Daerah Bapenda Kabupaten Sumbawa, Usman, SE.,ME dalam laporannya menyampaikan bahwa Bimtek yang berlangsung selama 1 hari penuh tersebut mengambil 2 tema pokok yaitu perpajakan daerah dan penatausahaan dan akuntansi keuangan daerah.

Peserta bimtek terdiri dari Bendahara Penerimaan, Bendahara Pengeluaran, Pejabat atau staf yang kompeten terkait pengelolaan keuangan.

Pelaksanaan Bimtek tersebut diharapkan dapat memberi informasi kepada semua peserta tentang isu-isu terkini dalam dua tema yang diangkat. (f3)

Berita Populer Pekan Ini

Pola Pre-Emtif Polri dalam Penanggulangan Radikalisme

H. Lalu Anggawa Nuraksi(Pemerhati Budaya Sasak) Radikalisme dalam Bahasa Indonesia berarti faham yang keras, faham yang tidak mau mengakomodir pendapat orang lain, merasa fahamnya-lah yang...

Maksimalkan Penanganan Covid-19 di NTB, Gubernur akan Tutup Bandara Selama Satu Bulan

HarianNusa.com, Mataram - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr. H. Zulkieflimansyah menggelar rapat terbatas membahas kebijakan yang akan diambil terkait kelanjutan penanganan Virus Corona...

Update 25 Mei: 258 Pasien Sembuh dari Corona di NTB, 222 Orang Positif Dalam Perawatan

HarianNusa.com, Mataram - Hari ini Senin, 25 Mei 2020, telah diperiksa di Laboratorium RSUD Provinsi NTB sebanyak 40 sampel dengan hasil 28 sampel negatif,...

Tempat Wisata Ditutup, Polisi Siagakan Anggota Saat Lebaran Ketupat

HarianNusa.com, Mataram - Polresta Mataram semakin meningkatkan pengawasan terhadap kegiatan warga yang ingin datang ke tempat wisata saat Lebaran Ketupat hari Minggu mendatang. Mengingat...