HarianNusa.com, Mataram – RSUD Provinsi NTB resmi ditunjuk oleh KPUD NTB sebagai tempat pemeriksaan kesehatan bagi bakal calon Pilkada NTBserentak tahun 2018 mulai tanggal 8 hingga 15 Januari 2018.

Pada hari ke lima jadwal pemeriksaan kesehatan diikuti oleh pasangan Suhaili-Amin (bacagub dan bacawagub NTB) H Usmanak (bacawa walikota Bima), Syamsul Luthfy-Nazamudin (Bacabup dan bacawabup Lotim) yang masing-masing melakukan pemeriksaan psikologi lanjutan.

Sementara pasangan M.Luthfy – Fery Sofyan (bacawalikota Bima dan bacawawalikota Bima),
Subhan – Wahyudin (bacawalikota Bima dan bacawawalikota Bima),  Ali Masadi – Putrawan Habibi (bacabup Lotim dan bacawabup Lotim), Zulkiflimansyah-Siti Rohmi Djalilah  (bacagub dan bacawagub NTB)  dan Taufik Latofi (bacawalikota Bima) melakukan pemeriksaan kesehatan tahap awal.

Ketua Tim Pemeriksa Kesehatan RSUD Provinsi NTB, dr. H. Agus Rusdhy Hariawa, H. Sp. OG (K) memaparkan beberapa tahapan pemeriksaan yang dilakukan oleh tim dokter terhadap para bakal calon peserta pilkada serentak 2018 di NTB.

“Kami melakukan pemeriksaan mulai dari para calon mengisi buku  pendaftaran kemudian diantar ke ruang istirahat untuk dijelaskan prosedur pemeriksaan,” jelasnya.

iklan

Tahapan-tahapan pemeriksaan kesehatan di antaranya pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan laboratorium 2 jam PP, pemeriksaan narkoba (tes urine)  yang dilakukan oleh BNN, pemeriksaan Radiologi meliputi Foto Thorak, USG Abdomen, USG Carotis, USG Travaginal (khusus perempuan)  dan CT Scan.

Sedangkan pemeriksaan fisik meliputi pemeriksaan THT, gigi, mata, penyakit dalam, bedah umum, bedah orthopedi, bedah urologi, paru, syaraf, jantung. Selanjutnya ke tahap Treadmill, Audiometri, Neurobihavior dan psikiatri kemudian Psikologi.

Pemeriksaan dilakukan selama 8 – 10 jam. Hasil pemeriksaan akan diserahkan oleh tim dokter pada tanggal 15 Januari 2018 kepada KPUD NTB setelah sebelumnya dilakukan rapat pleno oleh Tim Pemeriksa dan Tim Penilai.

Ditunjuknya RSUD Provinsi NTB sebagai tempat pemeriksaan kesehatan bagi bakal calon peserta pilkada serentak 2018 di NTB karena dianggap memenuhi syarat. Untuk diketahui saat ini RSUD Provinsi NTB sudah terakreditas paripurna dengan tipe B menuju tipe A. (f3)

Komentar
iklan