Jumat, Maret 29, 2024
BerandaLombok BaratPemkab Lobar Resmikan 691 Paket Pembangunan 2017

Pemkab Lobar Resmikan 691 Paket Pembangunan 2017

- Advertisement -

HarianNusa.com, Mataram – Pemerintah Kabupaten Lombok Barat akan terus mengupayakan kebutuhan infrastruktur publik dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dari berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, perindustrian, perdagangan, pertanian, pariwisata dan lain sebagainya.

Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid mengatakan, Tidak hanya infrastruktur pembangunan, sumber daya manusianya juga akan diberdayakan. Semuanya tidak lain bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengembangkan kewirausahaan, menggairahkan investasi, mengembangkan sektor pariwisata, meningkatkan serapan tenaga kerja, meningkatkan ketahanan pangan daerah dan pembangunan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih dari korupsi.

Selain pembangunan yang bersifat fisik, Pemkab Lobar juga memberi perhatian terhadap pembangunan yang bersifat non fisik dalam bentuk pembangunan manusia dan sistem seperti pemberdayaan masyarakat, reformasi birokrasi, penerapan teknologi informasi berbasis aplikasi, peningkatan kualitas tenaga pendidik, tenaga kesehatan, tenaga penyuluh dan lain sebagainya.

“Keseluruhan pembangunan baik yang bersifat fisik maupun non fisik dimaksud, berjalan dengan baik dan tepat sasaran karena konsisten mengacu pada visi, misi, rencana strategis dan program prioritas yang benar-benar menyentuh kebutuhan masyarakat,” kata Fauzan dalam acara peresmian pemanfaatan hasil pembangunan tahun anggaran 2017 di halaman puskesmas Surenadi Kecamatan Narmada, Senin (29/1).

Saat ini pembangunan jalan akan lebih ditekankan pada aspek kualitasnya. Melalui kebijakan barunya, Pemkab Lobar membangun kualitas jalan dengan standar nasional atau provinsi.

“Jalan kami sudah mulai memperhatikan tidak dari kuantitas namun memperhatikan kualitasnya. Di tahun 2018 akan lebih banyak lagi jalan yang akan dibangun sehingga Pemerintah Pusat nantinya dapat menjadikan Lobar sebagai kabupaten percontohan di Indonesia karena kebijakan membangun jalan kabupaten dengan standar provinsi bahkan nasional. Dan Insya Allah anggaran kita ditambah tahun 2019 karena kebijakan itu,” ujar Fauzan.

Di akhir sambutannya, Fauzan mengajak tamu undangan dan masyarakat yang hadir untuk terus melanjutkan pembangunan di Kabupaten Lombok Barat.

Ada sejumlah 691 paket hasil Pembangunan di Tahun 2017 yang diresmikan oleh Bupati H. Fauzan Khalid. Peresmian proyek tersebut terdiri dari 94 paket dari Dinas Pendidikan, 18 paket dari Dinas Kesehatan, 23 paket dari Dinas perdagangan, 61 dari Dinas Pertanian, 19 paket dari Dinas Pariwisata, dan 273 paket dari Dinas PUPR Lombok Barat. Seluruh proyek tersebut menelan anggaran Rp. 293 milliar lebih yang terdiri dari APBD, APBN dan bantuan Pemerintah Australia.

Peresmian Hasil Pembangunan ini sendiri dimaksudkan sebagai sarana informasi dan publikasi untuk masyarakat agar mengetahui perkembangan dan pembangunan di Lombok Barat.

Selain peresmian proyek juga dilakukan penandatangan kerjasama antara Pemkab Lobar melalui Dinas Kesehatan dengan BPJS untuk mempermudah pelayan kepada masyarakat yang belum memiliki BPJS yang berlaku di seluruh rumah sakit yang meliputi RSUD Provinsi NTB, RSUD Kota Mataram, RSJ Mutiara Sukma NTB dan Rumah Sakit Bhayangkara NTB. Kemudian kerjasama
dengan BPJS Kesehatan untuk jaminan kesehatan nasional, keikutsertaan jaminan kesehatan untuk masyarakat yang tidak mampu.

Selain itu juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara Pemkab Lobar dengan Lombok TV untuk pemanfaatan tower bersama dalam pelayaan informasi publik. Terakhir, kerjasama antara Pemkab Lobar dengan jaringan masyarakat sipil untuk mendorong semua desa menggunakan aplikasi yang dibuat kabupaten dan jaringan masyarakat sipil untuk pengelolaan administrasi dan keuangan desa.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada para wajib pajak di antaranya Sheraton Senggigi Beach Hotel, Sudamala Suites and Villa, Dream Estate Resort, PT. Narmada Awet Muda dan lainnya. Penghargaan juga diberikan kepada PT. Pelindo III Cabang Lembar, PT. Indocement Cabang Lembar, PT. BRI Cabang Mataram dan lainnya sebagai penerima penghargaan CSR.

Acara kemudian dilanjutkan dengan launching layanan Puskesmas Suranadi yang ditandai dengan pemotongan pita oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Lombok Barat, Hj. Khairatun Fauzan Khalid bersama Ketua DPRD Lombok Barat Hj. Sumiatun didampingi bupati, sekda dan Kepala Dinas Kesehatan Lombok Barat. (f3)

RELATED ARTICLES
spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Jumat, Maret 29, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Banyak Dibaca

- Advertisment -