fbpx
23 C
Mataram
Jumat, September 17, 2021
Update Covid-19 Indonesia
4,181,309
Total Kasus
Updated on 17/09/2021 8:38 am
BerandaGaya HidupReligiKhutbah di Cirebon, TGB Ajak Umat Islam Bersikap Optimis

Khutbah di Cirebon, TGB Ajak Umat Islam Bersikap Optimis

- Advertisement -
- Advertisement -

HarianNusa.com, Cirebon – Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. TGH M. Zainul Majdi atau yang lebih dikenal dengan nama Tuan Guru Bajang (TGB), didaulat menjadi khotib sholat Jum’at di Masjid At-Taqwa, Kota Cirebon, Jawa Barat Jum’at (02/02). TGB mengajak seluruh umat Islam untuk senantiasa menumbuhkan sikap optimis.

Sikap optimis ini, menurut TGB, harus tetap tumbuh dalam diri seorang mukmin, baik dalam keadaan susah maupun senang. Bahkan dalam keadaan sesulit apapun, sikap yang selalu tumbuh dari para Nabi dan Rasul harus tetap terpatri dalam diri seorang mukmin.

“Dari kisah para Nabi dan Rasul, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa satu sikap yang harus tumbuh dalam diri seorang mukmin, dalam keadaan apapun dan situasi sesulit apapun, adalah sikap optimisme,” tegas Gubernur NTB yang juga Ketua Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Cabang Indonesia itu.

- Advertisement -

Di hadapan ribuan jama’ah sholat Jum’at yang hadir, TGB menguraikan sejumlah sikap dan langkah agar sikap optimisme itu terwujud menjadi sebuah kesuksesan dalam kehidupan seorang mukmin. Yaitu, sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah SAW saat menyatukan kaum Ansor dan Muhajrin di Madinah adalah mengokohkan persaudaraan.

“Membangun sesuatu itu harus dimulai dengan menfondasikan nilai-nilai kebaikan,” ungkap TGB.

Sehingga lanjut Gubernur NTB dua periode tersebut, kalau segala sesuatunya diawali dengan kebaikan, maka segala bentuk sikap yang merugikan, seperti kebencian, saling bermusuhan, tidak mau memaafkan, akan terkikis dan hilang seiring dengan kebaikan yang dilakukan.

Gubernur Ahli Tafsir tersebut menegaskan ketika berbicara tentang peradaban serta kondisi kekinian, dimana berbagai macam tantangan selalu menghiasi perjalanan hidup seseorang, maka rujukannya adalah pada nilai-nilai kebaikan.

“Nilai-nilai kebaikan inilah yang melandasi seorang mukmin untuk membangun silaturrahmi dan mengokohkan persaudaraan,” ungkapnya.

Gubernur menyambangi Cirebon, Jawa Barat (Jabar) selama dua hari, yaitu Jumat (2/2) dan Sabtu (3/2), kunjungan ini dalam rangka menjalin silaturahim dengan para tokoh dan pimpinan pondok pesantren yang ada di Cirebon. (f3)

- Advertisement -
- Advertisment -
- Advertisment -

Berita Populer Pekan Ini

- Advertisment -