fbpx
23 C
Mataram
Rabu, September 29, 2021
Update Covid-19 Indonesia
4,211,460
Total Kasus
Updated on 28/09/2021 9:45 pm
BerandaKota MataramTumbuhkan Kretivitas Anak,Taman Budaya NTB Gelar Pameran Seni Rupa

Tumbuhkan Kretivitas Anak,Taman Budaya NTB Gelar Pameran Seni Rupa

- Advertisement -
- Advertisement -

HarianNusa.com, Mataram – Dinas Pendidikan dan kebudayaan dalam hal ini Taman Budaya NTB menggelar Pameran Seni Rupa di Taman Budaya NTB mulai Senin tanggal 26 Maret hingga Sabtu 31 Maret 2018.

Kepala Taman Budaya NTB, Drs.Faisal menyatakan kegiatan pameran seni lukis ini diharapkan mampu menumbuhkan kreativitas anak-anak dari semua jenjang pendidikan.

” Kami menampilkan hasil karya seni rupa mulai dari tingkat TK,SD,SMP,SMA/SMK,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (26/3/2018).

- Advertisement -

Dari hasil karya yang ditampilkan,ia mengatakan bahwa respon para pengunjung sangat bagus.

” Dan ada beberapa senior yang hadir mengapresiasi hasil karya yang dipamerkan itu,” lanjutnya.

Selain hasil karya seni rupa,pameran tersebut juga memamerkan hasil karya kreativitas anak-anak.

” Tadi juga ada dipamerkan hasil seni cukli namanya,” tambahnya.

Ia berharap tahun depan Taman Budaya NTB mampu mengkaper semua kalangan tidak hanya dari senior-senior saja.

” Tapi sekarang kita mencoba bangkitkan dari yang kecil-kecil dengan harapan dari seniman-seniman kecil ini akan melahirkan seniman bertaraf nasional,” harapnya.

Sementara Ketua Pengelola Pameran, Zaeni Mohammad mengatakan ketergerakannya untuk memunculkan bakat anak-anak. Menurutnya ini sangat penting karena pendidikan karakter merupakan pondasi yang harus disikapi secara serius melihat kecanggihan teknologi saat ini.

“Pendidikan karakter merupakan pondasi yang tidak main-main. Kita melihat anak-anak yang suka bermain game. Ada beberapa bakat yang harus bisa tercover secara visual yakni melalui karya seni rupa,” katanya.

Dikatakannya, pendidikan seni rupa dengan segala kreativitasnya dapat menjadi pelurus atau penggeseran cara pandang yang tidak lagi menganggap proses kreatif sebagai suatu adu hulung yang given karena menunggu Ilham dari langit, menunggu alam (mimesis) dan sebagainya.

Proses kreatif,termasuk didalamnya Kretivitas pendidikan seni rupa juga menjadi sistem referensi intelektualitas, sistem penanda habitus, respon kreatif sebagai mahluk sosial dan lainnya.

“Nah dari sinilah bisa terlihat titikn beda keluaran Kreatifnya,” ungkapnya.

Pameran seni rupa ini diikuti oleh pelajar Tingkat TK sampai SMK sederajat yang ada di kota Mataram juga oleh pelajar dari kabupaten Lombok Tengah. (f3)

- Advertisement -
- Advertisment -
- Advertisment -

Berita Populer Pekan Ini

- Advertisment -