Dengan cara memikul, anggota TNI-AD Korem 162/ WB menyusuri jalan perbukitan untuk menyalurkan bantuan kepada para korban gempa bumi di lokasi yang sulit terjangkau (istimewa)

HarianNusa.com, Mataram – Penyaluran Bantuan untuk korban gempa lombok terus dilakukan baik melalui jalur darat, laut dan udara.

Danrem 162/Wira Bhakti yang sekaligus selaku Komandan Penanganan Darurat Bencana (Dan PDB) Gempa Lombok, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani mengatakan khusus di perbukitan yang sulit dijangkau oleh mobil, bantuan disalurkan dengan menggunakan Trail bahkan di pikul langsung oleh Prajurit TNI.

Menurut Danrem, di daerah perbukitan masih terdapat warga yang tidak mau turun ke dataran rendah, sehingga dorongan logistik sulit terjangkau.

“Untuk mengatasinya, kita menggunakan trail dan bahkan dipikul langsung oleh prajurit TNI. Upaya ini terus menerus kita lakukan sebagai bentuk respon cepat terhadap kesulitan warga,” katanya saat Posko PDB di Lapangan Tioq Tata Tunaq, Tanjung KLU,Minggu (12/8/2018).

iklan

Posko PDB, tegasnya, akan bekerja semaksimal mungkin baik pagi, siang dan malam.

“Apapun akan kita usahakan agar semua bantuan yang diterima posko dapat disalurkan secara merata bagi masyarakat korban gempa. Kita berharap masyarakat yang di daerah perbukitan dapat turun ke titik pengungsian yang ditentukan,” tegasnya.

Lebih lanjut Danrem mengatakan bahwa penyaluran bantuan melalui darat dan udara hingga saat ini telah menjangkau titik-titik tersulit.

“Meskipun mekanisme penyaluran bantuan dilakukan dari Posko ke kecamatan, lanjut ke dusun hingga ke tangan warga, namun tidak menutup kemungkinan ada warga yang tidak mendapatkannya. Untuk itu warga dapat melapor langsung ke Posko PDB,” pungkasnya. (f3)

Komentar
iklan
Loading...