Duta Besar LBBP RI untuk Negara Republik Demokratik Aljazair, Safira Machrusah, saat menyerahkan bantuan untuk korban gempa Lombok. (satria)

HarianNusa.com – Gempa yang terjadi di Lombok yang memakan ratusan korban jiwa menarik empati banyak orang. Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur turut memberikan bantuan untuk korban gempa Lombok.

Bantuan tersebut berupa uang mencapai Rp6 miliar. Tidak hanya uang, NU Jawa Timur juga membangun dua unit masjid, hunian sementara (huntara), sumur bor dan bantuan medis.

“Bantuan sekitar Rp6 miliar. Itu yang dari PW (pengurus wilayah). Belum termasuk yang dari PC (pengurus cabang),” ujar Ketua NU Jawa Timur, Marzuki Mustamar, saat menyerahkan bantuan di Mataram, Sabtu, 3 November 2018.

Bantuan tersebut digalang oleh Nahdiyin sebagai bentuk keprihatinan pada korban gempa di Lombok.

“Ada uang receh, saking amanahnya ditukar juga enggak. Kita sesama anak bangsa, kalau sakit kita juga sakit. Kita dirikan juga masjid, huntara, sumur bor, medis,” pungkasnya.

Bantuan diserahkan langsung melalui PW NU Nusa Tenggara Barat di Mataram.

Tidak hanya dari NU, bantuan lain juga datang dari warga negara Indonesia (WNI) di Aljazair. Bantuan berupa uang tersebut diantar langsung Duta Besar LBBP RI untuk Negara Republik Demokratik Aljazair, Safira Machrusah.

“Sebagai rasa empati kami sebagai WNI yang tinggal di Aljazair, beberapa waktu lalu kami melakukan pertemuan donasi mengajak warga Indonesia memberikan bantuan,” pungkas Safira Machrusah.

Dubes satu-satunya perempuan yang datang dari Nahdiyin ini mengaku selain memberikan bantuan, dia datang menyampaikan misi diplomasi agar warga Lombok tidak putus asa terhadap musibah yang terjadi. (sat)

Komentar