HarianNusa.com – Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., M.Sc., didampingi Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos., SH., M.Han., membuka lomba Pacuan Kuda Gubernur Cup 2018 yang diikuti 530 peserta dengan Ketua Panitia Dandim 1607/Sumbawa Letkol Inf Samsul Huda di arena pacuan kuda angin laut Desa Penyaring Kecamtan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa, Sabtu (1/12).

Dalam sambutannya Gubernur mengucapkan terimakasih kepada Danrem 162/Wira Bhakti dan Dandim 1607/Sumbawa serta segenap panitia yang sudah menyelenggarakan dan mempersiapkan perlombaan pacuan kuda ini dengan baik.

Menurutnya, lomba pacuan kuda ini berhasil menyedot peserta maupun penonton. “Indikator keberhasilan pacuan terlihat dari jumlah kuda yang terdaftar sangat banyak dengan jumlah penonton yang membludak”, kata Gubernur.

Melalui kegiatan yang serat dengan kearifan lokal tesebut, Gubernur ingin memajukan sektor pariwisata, bahkan bila perlu pelaksanaannya dilakukan tiap bulan dan di adakan di tiap hari Sabtu dan Minggu.

“Dan arena pacuan kuda inipun berpengaruh menjadi indikator hidupnya peternakan kita di NTB,” kata Gubernur yang selalu tampil sederhana itu.

Danrem 162/WB mengatakan lomba pacuan kuda ini dilaksanakan di Wilayah Sumbawa selain bertujuan meningkatkan pariwisata NTB juga untuk memberikan hiburan kepada masyarakat Pulau Sumbawa.

“Lomba Pacuan ini sekaligus sebagai hiburan bagi masyarakat, apalagi pasca gempa yang menimpa sebagian wilayah NTB,” ujarnya.

Rizal meminta kepada seluruh peserta lomba untuk selalu menjaga sportifitas demi keamanan dan k kelancaran proses pelaksanaan lomba. Ia juga berharap agar seluruh masyarakat yang hadir menonton lomba bisa menikmati perlombaan dengan tertib dan aman.

Pembukaan lomba pacuan kuda juga dihadiri Kasrem 162/WB Letkol Inf Endarwan Yansori, Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah, Kepala Dinas Pariwisata Sumbawa Ir. H. Junaedi M.Si., Kasdim 1607/Sumbawa Mayor Arh Huwairy, ST., Ketua Pordasi NTB, Ketua Pordasi Sumbawa, Rektor UNSA, Unsur FKPD Kabupaten Sumbawa, Camat, Kades, toga, toma, todat Kecamatan Moyo Utara serta ratusan tamu undangan lainnya. (f3)

Komentar