Jumat, April 26, 2024
spot_imgspot_img
BerandaNTBPelindo III Pelabuhan Lembar Bantah Adanya Pungli di Sistem Online

Pelindo III Pelabuhan Lembar Bantah Adanya Pungli di Sistem Online

- Advertisement - Universitas Warmadewa

HarianNusa.com – Pihak Pelindo III Pelabuhan Lembar membantah adanya pungutan liar (pungli) pada peralihan sistem pembayaran dari manual ke on-line pada arus bongkar muat peti kemas atau container.

General Manager Pelindo III Pelabuhan Lembar, Made Rusli Suniajaya menegaskan pembayaran dengan menggunakan sistem online yang resmi diterapkan per 1 November 2018 justru dimaksudkan untuk transparansi dan memberantas praktek pungli.

“Sistem online ini justru memudahkan pengguna jasa untuk melakukan pembayaran, mereka (pengguna jasa, red) bisa menggunakan kode QR untuk melakukan pembayaran melalui ATM atau antar bank yang sudah ada kerjasamanya,” ungkapnya saat dikonfirmasi di kantornya, Selasa (4/12/2018).

Made Rusli mengatakan sebelum penerapan sistem baru (sistem online, red), pihaknya terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada pihak ekspedisi selaku mitra kerja PT. Pelindo III Lembar.

Sebelumnya, dugaan adanya praktek pungli dan tidak transparannya PT. Pelindo III Pelabuhan Lembar terhadap pengenaan tagihan bongkar muat peti kemas atau countainer dikeluhkan oleh perusahaan ekspedisi yang ada di Pulau Lombok menyusul pemberlakuan sistem pembayaran online sebesar satu juta seratus ribu rupiah sedangkan informasi yang diterima pihak ekspedisi dari pihak pelayaran pembayaran per satu peti kemas hanya sebesar satu juta rupiah. Terdapat selisih sebesar seratus ribu rupiah per countainer.

Aliran dana seratus ribu rupiah per countainer tersebut kerap dipertanyakan oleh pihak ekspedisi, namun belum mendapatkan jawaban yang memuaskan. (f3)

RELATED ARTICLES
spot_img
Jumat, April 26, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Jumat, April 26, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Banyak Dibaca

- Advertisment -