HarianNusa.com – Babinsa Desa Batu Layar Koramil 1606-07/Gunungsari, Serda Parhan Taufik bersama warga binaannya

melaksanakan gotong royong rabat jalan di Dusun Batu Layar Desa Batu Layar Kecamatan Batu Layar Lombok Barat, Kamis (27/12).

Rabat jalan sepanjang 600 meter tersebut menggunakan anggaran dana desa (ADD) Desa Batu Layar.

Danramil 1606-07/Gunungsari Kapten Chb Danang Kristianto menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sebagai upaya untuk membangkitkan kembali jiwa gotong-royong yang dulu merupakan ciri khas masyarakat Indonesia.

“Semangat jiwa gotong-royong ini yang mulai terkikis, namun dengan berjalannya waktu masyarakat masih rindu dengan kebersamaan seperti ini khususnya untuk membangun fasilitas umum,” jelas Danang.

Menurutnya, budaya gotong-royong ini sangat membantu meringankan beban karena satu dengan yang lainnya saling bahu-mambahu bekerja sama menyelesaikan pekerjaan.

“Gotong-royong ini sesuai dengan pepatah berat sama dipikul ringan sama dijinjing,” kata Danang sambil tersenyum.

Dandim 1606/Lobar, Letnan Kolonel Czi Joko Sumanto, S.IP., mengapresiasi anggota Babinsanya yang tidak mau perpangku tangan melihat warga binaannya merabat jalan.

“Mereka akan turun langsung membantu warganya terutama terkait dengan pembangunan fasilitas umum untuk kepentingan bersama,” paparnya.

Babinsa dalam hal ini, lanjut Joko, sebagai ujung tombak satuan di desa harus terus hadir di tengah-tengah masyarakat sehingga setiap informasi yang ada di desa binaan bisa diperoleh secepat mungkin untuk diolah dan dilaporkan ke satuan atas. (f3)

Komentar