HarianNusa.com – Satgas Rehabilitasi dan Rekonstruksi (RR) Gempa NTB pagi ini menggelar Kejuaraan Renang dalam rangka

HUT NTB ke 60 tahun 2018 menuju NTB Bangkit di Kolam Renang Wira Bhakti Asrama Gebang Mataram, Kamis (27/12).

Kejuaraan yang dibuka Dansatgas RR NTB Kolonel H. Farid Makruf, MA., bekerjasama dengan Komunitas Lombok Cyber dan Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) NTB dihadiri Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga NTB Ir. Hj. Husnanidiati Nurdin.

Pada kesempatan tersebut, Dansatgas RR NTB menyampaikan bahwa kegiatan ini juga sebagai trauma healing atas musibah gempa yang menimpa NTB khususnya Pulau Lombok sekitar enam bulan lalu yang meluluh lantakan rumah dan fasilitas umum warga.

“Melalui kegiatan semacam trauma healing ini akan bisa memberikan kegembiraan bagi anak-anak sambil menambah prestasi di bidang olahraga,” kata Dansatgas.

Terkait dengan kejuaraan renang hari ini sambungnya, banyak sekali anak-anak kita yang berbakat di bidang olahraga terutama renang. Tinggal bagaimana melatih dan membina mereka menuju atlet berprestasi.

Menurutnya, Event ini selain dalam rangka memperingati Hari Lahir NTB ke 60 tahun 2018 juga untuk menambah event pertandingan bagi anak-anak kita, berlatih saja tanpa pertandingan maka tidak akan berasa.

“Alhamdulillah peminatnya banyak, ada 125 orang peserta dengan berbagai kualifikasi dan semoga prestasinya terus meningkat,” ujar Mantan Danrem 162/WB tersebut.

Sementara, Ketua Dewan Penasehat PRSI NTB Ahmad Musafaq, S.Sos., menyampaikan kejuaraan ini sebenarnya terbuka untuk umum bagi para pelajar SD dan SMP, namun karena keterbatasan waktu pendaftaran hanya empat hari sehingga yang tercover hanya Pulau Lombok saja.

Selama empat hari jadwal pendaftaran tersebut, lanjutnya, peminatnya banyak sekali yakni 125 orang dari berbagai sekolah yang dibagi menjadi tiga kategori dengan empat gaya renang yakni renang gaya bebas, gaya dada, gaya kupu-kupu dan gaya punggung.

Sebelumnya diinformasikan pada lomba Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), siswa kelas 6 SDN 1 Taman Sari Gunungsari atas nama Nagata meraih Perunggu.

Adapun peraih juara pada kejuaraan lomba renang tingkat SMP dan SD dengan jarak 50 meter berturut-turut yakni untuk SMP dengan gaya dada putra atas nama Bujangga Tridading Datu Laya dari SMPN 1 Mataram dan putri Aghata Bunga YH dari SMPN 4 Lingsar, gaya kupu-kupu putra Rezho Almaji dari SMPN 1 Praya dan putri Tristania Cinthya Dewi S. dari SMPN 1 Labuapi, gaya punggung putra atas nama Rizki Anugrah Putra dari SMPN 7 Mataram dan putri diraih Tristania Cinthya Dewi S dari SMPN 1 Labuapi dan gaya bebas putra diraih Putra Rezho Almaji dari SMPN 1 Praya dan untuk putri disabet oleh Tristania Cinthya Dewi S. dari SMPN 1 Labuapi.

Sedangkat untuk tingkat SD dibagi dalam 2 kategori yakni kelas 1-3 dan kelas 4-6. Kelas 1 sampai 3 untuk juara masing-masing gaya yakni gaya dada putra diraih Ida Bagus Dwi Kyuan dari SDN 41 Mataram dan untuk putri diraih Aisyah Putri Oktafiani dari MIN Kota Mataram, gaya bebas putra oleh Kade Hugo Sulidarma dari SDN 2 Cakranegara dan putri oleh Aisyah Putri Oktafiani dari MIN Kota Mataram.

Untuk kelas 4-6 yang keluar sebagai juara untuk gaya dada penyanyi yakni Naghata Excelian YH. dari SDN 1 Taman Sari dan putri diraih oleh Nabila Husna dari SDN 16 Mataram, gaya kupu-kupu putra disabet Naghata Excelian YH. dari SDN 1 Taman Sari dan putri oleh Syakira Najla dari SDN 22 Praya, gaya Bebas Putra Naghata Excelian YH. dari SDN 1 Taman Sari dan putri oleh Nabila Husna dari SDN 16 Mataram, gaya Punggung pada diraih I Gede Eka Prabu Aurasukla SDK Antonius Cakra dan putri oleh Nabila Husna dari SDN 16 Mataram.

Selain kejuaraan renang, juga akan dilaksanakan lomba lari 5 dan 10 KM, Pertandingan Bola Volly dan Tennis lapangan. (f3)

Komentar