HarianNusa.com – Pemilu 2019 baik Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, maupun Pemilihan Legislatif

(DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota) periode 2019-2024 sebentar lagi akan digelar.

Untuk memastikan kesiapan pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan lancar dan aman, Senin (7/1) Komandan Kodim 1606/Lobar, Let. Kol Czi. Djoko Rahmanto, S.E., didampingi Pasi Intel Kodim Kapt. Inf. Wayan Sulendre, S.H., mengunjungi Bawaslu dan KPU (Kabupaten Lombok Barat, Kota Mataram, dan KLU) yang merupakan wilayah hukum teritorilanya.

Kedatangan Dandim Lobar bersama rombongan tersebut disambut hangat oleh ketua KPU maupun Bawaslu di tiap kabupaten/kota yang dikunjunginya. Selain bersilaturahmi kedatangannya juga sekaligus meninjau kesiapan peralatan dan sistem pengamanan gudang logistik di masing-masing Kabupaten / Kota demi mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan

Dalam kunjungan tersebut Dandim lebih banyak menekankan kepada KPU maupun Bawaslu berkoordinasi dengan pihak aparat karena TNI dan Polri bersinergitas dalam pengamanan pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang.

Dandim menekankan, karena pada Pemilu 2019 ini penghitungan suara usai pencoblosan dilakukan di Kecamatan, maka pengaman pada Pase pergeseran dari PPS ke Desa menuju Kecamatan harus mendapatkan pengamanan lebih ekstra agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena kemungkinan kecurangan bisa terjadi saat pergeseran tersebut.

“Yang sangat perlu mendapatkan perhatian lebih saat pergeseran kotak kartu suara dari desa kekecamatan dan saat penghitungan suara di kecamatan. Karena mekanisme penghitungan sekarang dengan yang lalu berbeda. Sekarang penghitungan suara dilaksanakan di kecamatan kalau dulu penghitungan suara dilaksanakan di TPS dan kelurahan/dantor desa setempat,” ujarnya kepada jajaran KPU maupun Bawaslu yang dikunjunginya.

Saat meninjau gudang logistik KPU Kota Mataram Dandim menyarankan kepada Ketua KPU agar sistem pengamanan logistik dilengkapi dengan CCTV sehingga lebih memudahkan pemantauan, bila perlu menggunakan tekhnologi yang dapat diakses melalui HP pejabat yang berkompeten dalam pengamanan tersebut.

“Saya lihat pengamanan gudang logistik sudah bagus, namun mungkin perlu pemyempurnaan. Saran saya pribadi akan lebih baik jika dipasangkan CCTV, dan kalau bisa lokasi gudangnya di sekitar resapan air agar tidak terjadi banjir nantinya,” ungkap Orang nomor satu di Kodim 1606/Lobar itu kepada awak media usai mengecek gudang logistik KPU Mataram.

Dandim menegaskan bahwa pihaknya selalu siap mensuport pengamanan demi keamanan pelaksanaan pesta demokrasi lima tahun sekali tersebut.

Ia mengatakan, selain kelengkapan pemilu, alat peraga kampanye juga perlu mendapatkan perhatian agar tidak ada lagi pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab melakukan perusakan karen hal itu dapat merugikan pihak lain.

Dandim mengimbau kepada masyarakat agar melaksanakan pesta demokrasi dengan murni, Langsung Umum Bebas dan Rahasia tanpa adanya unsur tekanan maupun intimidasi dari pihak manapun. (f3)

Komentar