Jumat, Maret 29, 2024
BerandaNTBWagub NTB Launching Bappeda Zero Waste

Wagub NTB Launching Bappeda Zero Waste

- Advertisement -

HarianNusa.com – Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah menghadiri Launching Bappeda

Zero Waste, di Kantor Bappeda Provinsi NTB, Jumat, (11/1/19).

Wakil Gubernur yang akrab disapa Ummi Rohmi itu dalam sambutannya mengapresiasi yang dilakukan Bappeda Provinsi NTB dalam menginisasi dan menciptakan lingkungan kantor zero waste sehingga kedepannya pegawai Bappeda mampu menjadi agen zero waste.

“Saya sangat mengapresiasi Bappeda yang pertama menginisiasi lingkungan zero waste. Ini merupakan bagian penting dari kegiatan-kegiatan besar di Provinsi NTB. Kegiatan ini esensinya sangat penting untuk masa depan NTB.
Disini berkumpulnya orang-orang pintar, orang-orang berpendidikan, jadi sangat tepat jika Bappeda menjadi pionir zero waste,” ungkapnya.

Wagub juga menjelaskan bahwa zero waste merupakan sesuatu yang sangat mendasar dalam kehidupan.
Dan sudah saatnya warga NTB merubah mindset untuk menempatkan kesehatan sebagai prioritas dalam hidup.

“Kenapa sampai kualitas air di NTB rendah, kenapa kualitas air di Bali lebih baik? Jawabannya adalah manusianya,” tegas Ummi Rohmi.

“Kita harus merubah mindset warga, bagaimana keluarga kita punya standar kesehatan yang bagus, bagaimana keluarga kita punya standar pendidikan yang tinggi. Sebenarnya ini sangat mudah dilakukan, namun karena tidak pernah kita lakukan, akhirnya menjadi sesuatu yang kita anggap remeh. Pemamahan dan esensi kebersihan tidak muncul dari dalam hati,” tambah Rohmi.

Rohmi juga berharap agar setelah launching juga diikuti dengan tanggung jawab moril seluruh pegawai dan diikuti dengan follow up yang jelas.

“Kita tidak saja berbicara fasilitas dan sarana prasarana, tempat sampah, tumbler, ini bisa kita beli. Namun mindset tentang kebersihan dan kesehatan menjadi mindset utama dan prioritas utama dalam hidup” papar Ummi Rohmi

Sebagai pelayan masyarakat, Rohmi lanjut Rohmi, ASN zaman sekarang dituntut untuk bisa memberikan contoh bagi masyarakat dan membawa nama Provinsi NTB. Ia juga berpesan dan mengajak seluruh hadirin untuk bersama-sama mulai memperbaiki diri.

“Yuk kita mulai perbaiki diri untuk hal-hal yang begitu esensi dan begitu mendasar. Kita akan lihat toilet itu 2-3 bulan kedepan. Apakah toilet itu semakin bersih dan tertata? Jika sampai toilet yang bagus namun 2-3 bulan makin kendor. Akan menjadi aib bagi kita,” tegas Ummi Rohmi

Senada dengan Wagub, Kepala Bappeda Provinsi NTB Ir. Ridwansyah, M. Sc, MM., MTP juga menyampaikan komitmen Bappeda Provinsi NTB untuk dapat mengurangi dan menyelesaikan sampah mulai dari lingkungan kantor.

“Itulah komitmen kami, dengan jumlah 150 pegawai. Artinya ketika sekali rapat, sekali kegiatan, bisa jadi dalam sehari paling Tidak membawa botol dan meminum dari bahan plastik. InshaAllah dalam Sehari 500 botol plastik yang kita bisa kurangi sampahnya. Menyelesaikan sampah harus mulai dari kita sendiri, rumah kita, dan tetangga-tetangga kita. Kita tebarkan virus kebaikan ini demi NTB yang lebih bersih,” tutup Ridwansyah

Kegiatan kemudian ditutup dengan penanaman pohon di lingkungan Bappeda oleh Wakil Gubernur didampingi oleh Asissten III, Kepala Bappeda, Karo Humas dan Protokol Provinsi NTB juga diikuti dengan foto bersama seluruh Pegawai Bappeda. (f3)

RELATED ARTICLES
spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Jumat, Maret 29, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Banyak Dibaca

- Advertisment -