HarianNusa.com – Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur Hj. Sitti Rohmi Djalillah menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) bersama

seluruh kepala OPD di Ruang Rapat Utama, Kamis (24/01/2019).

Rapat tersebut membahas sejumlah program dalam rangka akselerasi pembangunan daerah dan berbagai persoalan yang dihadapi masayarakat sehingga dapat dicarikan solusinya. Diantaranya, terkait pembangunan di bidang pariwisata, Zero Waste atau bebas sampah, Launching NTB Care, Geopark hingga pada progres penangangan korban gempa di Nusa Tenggara Barat.

Gubernur yang lebih akrab disapa Bang Zul itu memerintahkan para pimpinan OPD untuk mengevaluasi semua program pembangunan yang sudah dilaksanakan serta menyikapinya dengan cepat. Salah satu persoalan di bidang pariwisata yang saat ini masih perlu dibenahi adalah penanganan sampah dan kondisi objek wisata pasca gempa.

Selain itu Gubernur meminta dinas terkait dalam mempromosikan keindahan alam di NTB, agar lebih menonjolkan sudut-sudut keindahan objek wisata, sehingga para investor dan tamu asing lebih tertarik berkunjung ke daerah.

“Jika kita mengundang investor, daerah harus mempersiapkan kebersihan dan keindahan, jangan kita tampakkan hal-hal yang kurang baik,” tegas gubernur.

Pada kesempatan itu Wakil Gubernur NTB Hj. Sitti Rohmi Djalillah menanggapi hal lain yakni tentang program Zero Waste atau bebas sampah yang dicanangkan pada puncak HUT ke-60 NTB, Desember 2018 lalu. Menurutnya pelaksanaannya perlu di maksimalkan lagi.

Penanganan sampah di masyarakat harus dimulai dari individu masyarakat dan yang paling penting menurut Wagub, untuk mengkampanyekan Zero Waste ini dari hilirnya adalah perlunya menentukan kemana sampah itu ditampung dan bagaimana mengolah sampah khususnya sampah organic.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata NTB L. M. Faozal menjelaskan untuk mendukung program pemerintah di bidang pariwisata telah disiapkan 20 Desa Wisata di Kabupaten/ kota, selain itu untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah akan dilaksanakan peningkatan infrastruktur jalan menuju desa desa wisata.

Sedangkan terkait program Zero Waste atau bebas sampah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan NTB Ir. Madani Mukarom, B.Sc.F melaporkan bahwa Dinas LHK telah melakukan kampanye kebersihan di beberapa tempat dan sosialisasi bersih-bersih sungai. (f3)

Komentar