fbpx
Beranda Lombok Tengah Hujan Es Landa Lombok Tengah

Hujan Es Landa Lombok Tengah

HarianNusa.com – Hujan sore tadi, Minggu, 24 Februari 2019 mengguyur hampir semua wilayah Lombok, tak terkecuali Lombok Tengah. Fenomena hujan es terjadi di Desa Bilebante, Kecamatan Pringgarata, Lombok Tengah.

Kristal es jatuh bersama hujan. Fenomena tersebut disaksikan banyak warga di sana. Beruntung ukuran es yang tidak terlalu besar sehingga tidak menimbulkan korban maupun kerusakan pada atap rumah.

Prakirawan Stasiun Meteorologi BIL Praya, Levi Ratnasari mengatakan, fenomena hujan es tersebut muncul karena adanya aktivitas dari awan konvektif yakni Cumulonimbus yang tumbuh akibat adanya proses pemanasan yang kuat dari daratan.

“Terpantau dari citra radar kami di Stasiun Meteorologi BIL Praya, menunjukan adanya awan konvektif yang cukup kuat sejak 16.00 Wita di wilayah tersebut,” ujarnya.

Ini Tanda Sebelum Hujan Es Terjadi

Dia mengatakan, indikasi akan terjadinya hujan es biasanya didahului satu hari sebelum fenomena tersebut, udara pada malam hingga pagi udara sangat panas dan gerah. “Udara panas dan gerah akibat adanya radiasi matahari yang kuat,” terangnya.

Kemudian keesokan harinya terlihat awan Cumulus (awan putih berlapis). Di antara awan tersebut ada satu jenis awan yang batas tepinya sangat jelas berwarna abu-abu menjulang tinggi seperti bunga kol.

“Tahap berikutnya awan tersebut akan cepat berubah warna menjadi abu-abu/hitam yang dikenal dengan awan Kumulonimbus,” ucapnya.

Kemudian pada pepohonan di sekitar kita terlihat dahan atau ranting yang mulai bergoyang cepat dan mulai terasa udara yang dingin.

“Biasanya hujan es akan terjadi didahului dengan hujan deras tiba-tiba. Apabila hujannya gerimis maka ada angin kencang yang jauh dari tempat kita,” jelasnya. (sat)

Komentar