fbpx
23 C
Mataram
Jumat, Mei 29, 2020
Update Covid-19 Indonesia
24,538
Total Kasus
Updated on 29/05/2020 5:23 am
Beranda Lombok Barat Jelang HUT RI ke 74, Suranadi Toreh Prestasi Nasional

Jelang HUT RI ke 74, Suranadi Toreh Prestasi Nasional

HarianNusa.Com – Kabar gembira yang membarengi kemeriahan 17 Agustusan di Kabupaten Lombok Barat datang dari Jakarta. Desa Suranadi Kecamatan Narmada yang beberapa waktu yang lalu menjuarai Lomba Perdesaan Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat ditetapkan sebagai Desa Terbaik Nomor Satu untuk Tingkat Nasional Regional IV yang meliputi NTB, NTT, Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara.

Capaian tersebut dikabarkan langsung oleh Camat Narmada, Baiq Yeni S. Ekawati.

“Alhamdulillah, Suranadi menjadi Desa Terbaik untuk Regional IV. Untuk tahun ini, NTB memborong gelar Desa dan Kelurahan Terbaik. Untuk kelurahan diraih oleh Kelurahan Pejanggik Kota Mataram,” tutur Yeni yang ikut mendampingi Kepala Desa Suranadi saat diberikan penghargaan.

Penghargaan itu diumumkan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kemendagri, Hari Prabowo di Ballroom Discovery Ancol Jakarta, Kamis Malam (15/8/19).

Kepala Desa Suranadi, I Nyoman Adwisana yang dihubungi usai menghadiri Sidang Istimewa MPR RI di Jakarta, Jum’at (16/8/2019) mengaku terharu dan bangga dengan keberhasilan tersebut.

“Saya merasa terharu dan bangga atas hasil ini. Tentunya akan memacu semangat kerja ke depan sehingga Suranadi bisa menjadi lebih baik lagi,” ujar Nyoman.

Nyoman yang memimpin desa dengan spot wisata air Taman Suranadi ini mengaku, hasil tersebut merupakan kerja sama antar seluruh komponen yang ada di desanya.

“Termasuk karena pembinaan yang diberikan oleh kecamatan dan kabupaten serta provinsi,” terang Nyoman.

Hal tersebut ditegaskan juga oleh Camat Narmada.

“Prestasi ini melanjutkan prestasi Desa Lingsar dua tahun lalu. Ini tidak terlepas dari keterlibatan semua pihak dan kerjasama dari OPD yang terkait dengan pembinaan di Desa,” ujar Yeni.

Camat satu-satunya perempuan di Lombok Barat ini tetap berharap agar pembinaan ke desa bisa digarap secara koordinatif dengan pihak kecamatan.

“Kami tidak bisa bergerak sendiri. Perlu turun bersama,” tegasnya.

Narmada, aku Yeni, punya program “Beriuk Ngayo jok Desa” sebagai formula pembinaan terintegrasi ke desa-desa di wilayahnya.

“Dengan formula ini, kami berharap semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah, red) bisa melakukan pembinaan bersama-sama, terutama yang terkait dengan Perda dan Perbup,” pinta Yeni.

Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid mengaku bangga dengan kiprah desa-desa di wilayahnya. Ditemui di ruang kerjanya usai Shalat Jum’at, Fauzan mengapresiasi capaian Desa Suranadi.

“Saya bangga. Ini kado terbaik saat HUT RI. Saya harap jejak Desa Surandi bisa diikuti oleh desa-desa kita,” ujar Fauzan.

Fauzan pun meminta agar pembinaan seluruh OPD ke desa-desa lebih aktif lagi. Bagi Fauzan, lomba desa sekaligus bisa menjadi tolok ukur keberhasilan dalam membina wilayah.

Dalam penilaian Lomba Perdesaan Tahun 2019 ini, prestasi Desa Suranadi telah meneruskan tradisi juara di Kabupaten Lombok Barat untuk kancah nasional. Bersama Desa Taram Kabupaten Lima Puluh Kuto untuk Regional I, Desa Sri Mulyo Bantul untuk Regional II, Desa Pulau Sapi Kabupaten Berau di Regional III, Desa Suranadi telah mengikuti jejak Desa Lingsar dalam Lomba Perdesaan untuk Regional IV. (f3)

Berita Populer Pekan Ini

Pola Pre-Emtif Polri dalam Penanggulangan Radikalisme

H. Lalu Anggawa Nuraksi(Pemerhati Budaya Sasak) Radikalisme dalam Bahasa Indonesia berarti faham yang keras, faham yang tidak mau mengakomodir pendapat orang lain, merasa fahamnya-lah yang...

Maksimalkan Penanganan Covid-19 di NTB, Gubernur akan Tutup Bandara Selama Satu Bulan

HarianNusa.com, Mataram - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr. H. Zulkieflimansyah menggelar rapat terbatas membahas kebijakan yang akan diambil terkait kelanjutan penanganan Virus Corona...

Update 25 Mei: 258 Pasien Sembuh dari Corona di NTB, 222 Orang Positif Dalam Perawatan

HarianNusa.com, Mataram - Hari ini Senin, 25 Mei 2020, telah diperiksa di Laboratorium RSUD Provinsi NTB sebanyak 40 sampel dengan hasil 28 sampel negatif,...

Tempat Wisata Ditutup, Polisi Siagakan Anggota Saat Lebaran Ketupat

HarianNusa.com, Mataram - Polresta Mataram semakin meningkatkan pengawasan terhadap kegiatan warga yang ingin datang ke tempat wisata saat Lebaran Ketupat hari Minggu mendatang. Mengingat...