fbpx
23 C
Mataram
Kamis, Mei 28, 2020
Update Covid-19 Indonesia
23,851
Total Kasus
Updated on 28/05/2020 1:13 am
Beranda Lombok Barat Fauzan Kukuhkan 45 Paskibraka Kabupaten Lombok Barat 2019

Fauzan Kukuhkan 45 Paskibraka Kabupaten Lombok Barat 2019

HarianNusa.Com – Perasaan haru tampak saat satu per satu anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Lombok Barat mencium bendera pusaka. Diiringi lagu Syukur dan lantunan syair puisi, 45 orang Paskibraka mencium bendera pada Upacara HUT ke-74 RI. Rasa haru bercampur semangat semakin tampak saat prosesi pengukuhan dimulai.

Membacakan kata-kata pengukuhan, Bupati H. Fauzan Khalid menegaskan, bahwa menjadi Paskibraka harus tertanam niat tulus serta tekad yang kuat, dan harus memiliki tanggung jawab sehingga tugas sebagai Paskibraka berjalan dengan baik.

"Bismmilah hirahmanirrahim, Pasukan Pengibar Bendera Kabupaten Lombom Barat Tahun 2019, dengan ini saya kukuhkan. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa melindungi anak-anakku sekalian dalam menjalankan tugas," ujar bupati saat mengukuhkan 45 orang anggota Paskibraka di Bencingah Agung Kantor Bupati Lombok Barat pada Kamis Malam, (15/8/19).

"Sebagai warga negara, anak-anakku harus senantiasa berkorban demi bangsa dan negara, serta senantiasa menjadi contoh dan taulafan bagi anggota masyarakat lainya," tambahnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyematan pin oleh Bupati H. Fauzan Khalid kepada perwakilan Paskibraka tahun 2019. Diawali oleh Baiq Rukma dari SMA 1 Gerung dan Wayan dari SMA 1 Narmada yang nantinya bertugas sebagai pembawa bendera merah putih pada upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan yang akan digelar di Lapangan Kantor Bupati pada 17 Agustus esok.

Raka Anggara, anggota Satuan Polisi Pamong Praja Lombok Barat yang juga merupakan salah satu pelatih para Paskibraka menjelaskan, para anggota Paskibraka tahun 2019 ini sebelumnya telah melalui peroses seleksi yang cukup ketat. Seleksi pertama dilakukan di sekolah masing-masing, kemudian tingkat kecamatan dan terakhir di tingkat kabupaten. Dari seleksi itu terpilih 45 orang terbaik, dan selanjutnya dibina dan dilatih selama dua bulan. Para anggota nantinya akan menampilkan formasi membentuk angka 74. Sesuai dengan usia kemerdekaan Republik Indonesia.

"Kita harapkan adik-adik ini nanti bisa menyelesaikan tugas dengan baik sesuai latihan yang telah diberikan oleh para pelatih. Kemudian kesalahan tidak terjadi, karena ini membawa nama baik dia, keluarga dan sekolah mereka," harapnya.

Pengukuhan turut dihadiri, diantaranya Asisten I Setda Lombok Barat H. M. Ilham, Asisten II Hj. Lale Prayatni, Kepala Perangkat Daerah Lombok Barat, anggota Forkopimda Lombok Barat, serta para orang tua anggota Paskibraka yang dikukuhkan. (f3)

Berita Populer Pekan Ini

Pola Pre-Emtif Polri dalam Penanggulangan Radikalisme

H. Lalu Anggawa Nuraksi(Pemerhati Budaya Sasak) Radikalisme dalam Bahasa Indonesia berarti faham yang keras, faham yang tidak mau mengakomodir pendapat orang lain, merasa fahamnya-lah yang...

Maksimalkan Penanganan Covid-19 di NTB, Gubernur akan Tutup Bandara Selama Satu Bulan

HarianNusa.com, Mataram - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr. H. Zulkieflimansyah menggelar rapat terbatas membahas kebijakan yang akan diambil terkait kelanjutan penanganan Virus Corona...

Diskusi dengan UI, Gubernur Paparkan Potensi KEK Mandalika

HarianNusa.com, Mataram - Kawasan Ekonomin Khusus (KEK) Mandalika Lombok bukanlah sebuah kawasan biasa. Kawasan tersebut dipersiapkan sebagai kawasan pariwisata unggulan di Indonesia bahkan dunia....

Gubernur NTB Minta Peserta KKN Tematik Ikut Berkontribusi Tangani Covid-19

HarianNusa.com Mataram – Semua Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki oleh daerah diharapkan bisa menjadi modal yang besar untuk menuntaskan pandemi Covid-19 ini. Termasuk...