fbpx
23 C
Mataram
Rabu, September 30, 2020
Update Covid-19 Indonesia
282,724
Total Kasus
Updated on 29/09/2020 9:58 pm
Beranda NTB Malam Puncak Festival Pesona Bau Nyale 2020 akan Dipusatkan di Pantai Tanjung...

Malam Puncak Festival Pesona Bau Nyale 2020 akan Dipusatkan di Pantai Tanjung Aan Loteng

- Advertisement -Cloud Hosting Indonesia
- Advertisement -

HarianNusa.Com, Mataram – Bau Nyale, sebuah budaya unik dari masyarakat Lombok yang berasal dari Legenda Putri Mandalıka. Bau Nyale berasal dari bahasa Sasak “Bau” yang berarti dikumpulkan dan “Nyale” adalah cacing laut yang berwarna-hangat. Tidak sekedar mengumpulkan cacing laut, akan tetapi diakui budaya “Nyale” ini memiliki makna yang begitu berharga. Budaya yang Berharga yang diwariskan oleh Putri Mandalika sebagai seorang Putri yang sangat cantik dan berani yang dapat digunakan untuk kedamaian negaranya. Keberanian inilah yang harus selalu menjadi teladan bagi warga masyarakat Lombok dan membuat hal ini sebagai budaya yang sangat berharga. Hingga saat ini, Masyarakat lombok masih sangat yakin bahwa yang dapat memenangkan Nyale akan beruntung.

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui Dinas Peiwisata bekerjasama dengan kementerian Pariwisata RI dan Pemkab Lombok Tengah kembali akan menggelar Festival Pesona Bau Nyale. Seluruh rangkaian event tahunan ini rencananya akan digelar pada tanggal 8 hingga 15 Februari 2020 di Kawasan Pantai Tanjung Aan Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

“Lokasi pancak kegiatan Bau Nyale tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika sebelumnya dipusatkan di Pantai Seger-Kuta, tahun ini di Kawasan Pantai Tanjung Aan Mandalika Lombok Tengah,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, H. Moh. Faozal saat menggelar Jumpa Pers di kantornya, Kamis, (06/02).

- Advertisement -

Festival Pesona Bau Nyale ini merupakan agenda tahunan masyarakat Lombok dan masuk menjadi salah satu Acara yang luar biasa yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Dirangkai dengan berbagai kegiatan, event ini diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan yang akan berkunjung ke Lombok dan Sumbawa.

Adapun rangkaian kegiatan Festival Pesona Bau Nyale yakni: Final 20 besar prmilihan Putri Mandalika, Photo Contest, Peresean, Pelatihan Dasar SDM Pariwisata Goes to School, Dialog creative Dan Mandalika Fashion, Mandalika fashion carnival, Kampoeng kuliner, dan malam puncak Festival Pesona Bau Nyale 2020 yang akan dimeriahkan oleh group band ibukota. (STIA band). (f3)

Ket. Foto:
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, H. Moh. Faozal saat menggelar Jumpa Pers di kantornya, Kamis, (06/02). (HarianNusa.Com/f3)

- Advertisement -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -

Berita Populer Pekan Ini

Ini Cara Mitigasi saat Gempa Bumi

HarianNusa.com - Indonesia berada pada cincin api Pasifik, sehingga potensi gempa bumi dan bencana alam lainnya selalu ada. Menghadapi ancaman bencana alam, mitigasi bencana...

Jarot Ingin Sumbawa Maju

HarianNusa.com, Sumbawa - Pesta demokrasi di Kabupaten Sumbawa akan digelar September tahun 2020i ini. Tana Samawa sudah mulai menghangat. Calon pemimpin masa depan Kabupaten...

BPKH dan DT Peduli Berikan Ambulance Gratis untuk Ponpes Darul Iman di KLU

HarianNusa.Com - Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Daarut Tauhid (DT) Peduli bekerja sama dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) memberikan bantuan kemanusiaan berupa satu...

Road Show di KSB, TP PKK NTB Konsisten Memberi Semangat dan Membangun Sinergi

HarianNusa.com, Sumbawa Barat - Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menjadi lokasi terakhir yang dikunjungi Ketua TP. PKK Provinsi NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah dalam...
- Advertisment -Cloud Hosting Indonesia