fbpx

Wisata Kuliner di NTB yang Wajib Kamu Coba

- Advertisement -

Nusa Tenggara Barat atau biasa juga disingkat NTB merupakan salah satu surga pariwisata di Indonesia. Begitu banyak destinasi wisata menarik di NTB. Sebut saja salah satunya seperti Lombok, pulau Gili dan yang lainnya. Keindahan pantai dan laut di NTB sudah diakui oleh dunia. Bukan hanya wisata alam, NTB juga memiliki wisata kuliner yang sangat unik dan menarik. Soal rasa tak perlu diragukan, karena kuliner NTB sudah sangat populer di mana mana. Untuk kamu yang ingin berlibur ke NTB, kuliner berikut ini jangan sampai kamu lewatkan. 

Ayam Taliwang

Kalau makanan yang satu ini mungkin sudah pernah kamu rasakan, karena Ayam Taliwang sudah sangat populer di Indonesia. Walaupun Ayam Taliwang dapat kita cicipi di tempat lain, tentunya pasti lebih nikmat jika menyantap Ayam Taliwang di tempat asalnya. Buat kamu yang belum tahu, Ayam Taliwang merupakan makanan khas NTB yang terbuat dari olahan ayam. Ayam tersebut diberi bumbu rempah rempah lalu dibakar sehingga menghasilkan rasa yang sangat khas. Ayam Taliwang bahkan sudah menjadi ikon kuliner di NTB. 

Sate Rembiga

Sate merupakan makanan khas asli Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki olahan sate yang juga sangat unik. Di NTB juga terdapat sate yang sangat unik, namanya Sate Rembiga. Sate yang satu ini terbuat dari daging sapi. Banyaknya sapi di NTB membuat sate Rembiga sangat mudah ditemui di mana mana. Sate Rembiga berbeda dengan sate pada umumnya, karena tidak diberi bumbu saat proses pembakaran. Bumbu tabur pada sate saat daging sapi masih direndam. Nantinya bumbu harus direndam minimal 3 jam, agar meresap ke daging sapi. Hal ini lah yang membuat rasa sate Rembiga sangat gurih dan daging sapinya sangat empuk. 

Sate Bulayak

Selain sate Rembiga masyarakat NTB juga memiliki kuliner sate lain, yakni sate Bulayak. Sate Bulayak juga berbeda dengan sate pada umumnya. Sate Bulayak biasanya disajikan bersama lontong. Lontong yang digunakan juga sangat khas  karena terbuat dari beras ketan dan dibungkus dengan daun kelapa. Sehingga rasa lontongnya jadi terasa gurih dan manis. Untuk bumbu satenya sendiri lebih didominasi oleh kacang tanah yang dipadukan dengan santan dan bumbu lain. Sehingga rasa bumbu sate Bulayak nantinya mirip seperti bumbu kari. Daging yang digunakan pada sate Bulayak biasanya dibentuk tipis sehingga teksturnya sangat lembut dan mudah dikonsumsi. 

Kelaq Kelor

Kuliner lain yang juga sangat cocok dicicipi saat liburan ke NTB adalah Kelaq Kelor. Kelaq Kelor merupakan makanan khas NTB yang terbuat dari olahan sayur. Sayur ini diolah dari daun kelor yang dipadukan dengan bumbu khas setempat. Tampilan Kelaq Kelor sendiri lebih terlihat seperti sayur bening, karena kuah dari Kelaq Kelor terlihat sangat bening. Walaupun demikian, rasa dari kuah Kelaq Kelor sendiri sangat nikmat, karena menggunakan bumbu bumbu khas daerah setempat. Bagi kamu yang pecinta makanan kaya serat, Kelaq Kelor ini sangat cocok untuk kamu santap. 

Nasi Balap Puyung

Untuk olahan nasi, masyarakat NTB juga memiliki kuliner yang sangat menarik namanya nasi Balap Puyung. Nasi Balap Puyung merupakan perpaduan dari nasi yang diberi lauk sambal daging yang dibuat dengan sangat pedas. Daging yang digunakan biasanya daging ayam atau daging sapi. Daging tersebut diolah berjam jam bersama racikan bumbu pedas, sehingga tekstur daging nantinya jadi terlihat hancur dan lembut. Selain sambal daging, pada nasi balap juga dilengkapi kacang panjang serta kacang tanah. Lalu diatasnya ditaburi irisan kentang goreng yang dibuat sangat tipis dan renyah. Nasi Balap juga cukup populer di NTB. 

Jika kamu berkunjung ke NTB, sangat sayang jika kuliner tersebut tidak sempat kamu cicipi. Karena kelezatannya tidak akan pernah kamu lupakan. Jika kamu mau berlibur sekarang juga ke NTB, kamu bisa memesan tiket perjalananmu lewat Traveloka. Di Traveloka kamu akan mendapatkan tiket murah dari berbagai maskapai penerbangan, seperti Lion Air. Kamu juga bisa melakukan web checkin lion air, sehingga perjalanan kamu jadinya lebih mudah. 

- Advertisement -

Share post:

Subscribe

Berita Populer

Berita Terbaru

Berita Lainnya
Terkait