Selasa, Maret 19, 2024
BerandaNTBAngin Puting Beliung Terekam Kamera dari Area Bandara Internasional Lombok

Angin Puting Beliung Terekam Kamera dari Area Bandara Internasional Lombok

- Advertisement -

HarianNusa.com, Lombok Tengah – Sebuah video angin puting beliung beredar dengan cepat melalui jejaring media sosial WhatsApp Minggu (5/4) Siang. Video ponsel berdurasi 1 menit 49 detik itu merekam dengan jelas fenomena angin puting beliung yang terjadi di sekitar Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Majid, Praya – Lombok Tengah.

Kepada HarianNusa.com, Levi Ratnasari, S.Tr, Prakirawan yang bertugas di Stasiun Meteorologi Bandara Internasional Lombok membenarkan informasi ini.
“Peristiwanya terjadi sekitar pukul 12.30 Wita. Berdasarkan hasil analisis, angin puting beliung bertahan selama kurang lebih 5 menit”, tulisnya melalui pesan WhatsApp.

Menurut Levi, angin puting beliung ini disebabkan oleh awan Cumulonimbus yang terbentuk akibat adanya pemanasan udara yang kuat di permukaan, dan biasanya ditandai dengan kondisi udara yang terasa panas sehari sebelumnya.

“Mulai dari pukul 10.00 pagi, terlihat tumbuh awan kumulus yang batas tepinya abu-abu dan sangat jelas menjulang seperti bunga kol. Awan itu akan cepat berubah warna menjadi gelap, serta pepohonan di sekitar akan terlihat bergoyang cepat”, lanjut Levi.

Angin puting beliung ini juga menghasilkan pusaran angin yang kuat, karena itu Levi mengingatkan jika masyarakat melihat kejadian tersebut agar menjauh dari pusaran angin yang terbentuk karena kecepatan angin yang di hasilkan cukup kuat dan umumnya bergerak memutar dan dapat menyapu benda benda disekitarnya.

Pada Bulan April ini wilayah NTB akan menghadapi masa peralihan musim atau dikenal dengan pancaroba. Di masa peralihan musim ini potensi terjadinya kondisi cuaca ekstrim seperti puting beliung, angin kencang atau hujan disertai petir/badai guntur ini dapat berpotensi terjadi. Untuk itu masyarakat dihimbau tetap selalu waspada dan selalu mejaga kesehatan mengingat kondisi cuaca di masa peralihan sering kali berubah.

RELATED ARTICLES
spot_img
Selasa, Maret 19, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Selasa, Maret 19, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Banyak Dibaca

- Advertisment -