fbpx
23 C
Mataram
Minggu, Februari 28, 2021
Update Covid-19 Indonesia
1,329,074
Total Kasus
Updated on 28/02/2021 7:11 am
Beranda NTB Dewan Syariah PKS Keluarkan Anjuran Vaksinasi Covid-19

Dewan Syariah PKS Keluarkan Anjuran Vaksinasi Covid-19

- Advertisement -Cloud Hosting Indonesia
- Advertisement -

HarianNusa.com, Jakarta – KH. DR. Surahman Hidayat, Ketua Dewan Syariah Pusat DPP PKS, hari ini (14/1/2020) mengeluarkan bayan (penjelasan) dan anjuran untuk melakukan vaksinasi Covid-19 kepada seluruh kader PKS.

Dalam salinan surat yang diterima hariannusa.com, Surahman memberikan penjelasan cukup panjang terkait hal ini. Isi penjelasan secara umum terbagi menjadi dua bagian. Pertama, soal pertimbangan keharusan menjaga diri dari penularan wabah, dan yang kedua tentang pertimbangan fikih Islam tentang vaksinasi CoVid-19.

"Islam memerintahkan agar kita serius melakukan pencegahan dan pengobatan dari penyakit. Ikhtiar merupakan cara mengikuti sunah Nabi, termasuk dalam konsep tawakkal, dan menunjukkan kesempurnaan iman," tulis Surahman mengutip pendapat seorang ulama.

- Advertisement -

Pada bagian kedua, ulama asal Jawa Barat ini mengaskan syarat-syarat pemberian vaksin menurut pandangan hukum Islam.

"Vaksin Covid-19 yang digunakan harus sudah melewati uji klinis yang standar berdasarkan penilaian pihak yang memiliki otoritas yaitu BPOM," tulisnya.

Selain itu, menurutnya vaksin Covid-19 sah untuk digunakan jika memenuhi lima syarat, diantaranya terkait kehalalan dan kesucian vaksin yang digunakan berdasarkan penilaian oleh MUI.

Terakhir, Ia juga mengingatkan bahwa mensukseskan program untuk menghasilkan imunitas baik personal apalagi kolektif melalui vaksinasi adalah sebuah kebaikan. Karena itu Ia meminta semua komponen saling bekerja sama untuk menciptakan kebaikan bagi umat bangsa dan negara.

- Advertisment -

Berita Populer Pekan Ini

Jarot Ingin Sumbawa Maju

HarianNusa.com, Sumbawa - Pesta demokrasi di Kabupaten Sumbawa akan digelar September tahun 2020i ini. Tana Samawa sudah mulai menghangat. Calon pemimpin masa depan Kabupaten...

Ini Cara Mitigasi saat Gempa Bumi

HarianNusa.com - Indonesia berada pada cincin api Pasifik, sehingga potensi gempa bumi dan bencana alam lainnya selalu ada. Menghadapi ancaman bencana alam, mitigasi bencana...

Pemkab Lobar Menangkan Sengketa Lahan Puskesmas dan Pasar Seni

HarianNus.com, Lombok Barat - Pemerintah Kabupaten Lombok Barat kembali memenangkan sengketa aset daerah. Kali ini pemkab Lobar menang atas sengketa lahan puskesmas dan pasar...

Puluhan Wartawan di NTB Ikuti UKW

HarianNusa.com, Mataram - Puluhan wartawan dari berbagai media baik online, cetak, dan radio di Nusa Tenggara Barat (NTB) mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang...
- Advertisment -Cloud Hosting Indonesia