Jumat, Maret 29, 2024
BerandaNTBDewan Syariah PKS Keluarkan Anjuran Vaksinasi Covid-19

Dewan Syariah PKS Keluarkan Anjuran Vaksinasi Covid-19

- Advertisement -

HarianNusa.com, Jakarta – KH. DR. Surahman Hidayat, Ketua Dewan Syariah Pusat DPP PKS, hari ini (14/1/2020) mengeluarkan bayan (penjelasan) dan anjuran untuk melakukan vaksinasi Covid-19 kepada seluruh kader PKS.

Dalam salinan surat yang diterima hariannusa.com, Surahman memberikan penjelasan cukup panjang terkait hal ini. Isi penjelasan secara umum terbagi menjadi dua bagian. Pertama, soal pertimbangan keharusan menjaga diri dari penularan wabah, dan yang kedua tentang pertimbangan fikih Islam tentang vaksinasi CoVid-19.

"Islam memerintahkan agar kita serius melakukan pencegahan dan pengobatan dari penyakit. Ikhtiar merupakan cara mengikuti sunah Nabi, termasuk dalam konsep tawakkal, dan menunjukkan kesempurnaan iman," tulis Surahman mengutip pendapat seorang ulama.

Pada bagian kedua, ulama asal Jawa Barat ini mengaskan syarat-syarat pemberian vaksin menurut pandangan hukum Islam.

"Vaksin Covid-19 yang digunakan harus sudah melewati uji klinis yang standar berdasarkan penilaian pihak yang memiliki otoritas yaitu BPOM," tulisnya.

Selain itu, menurutnya vaksin Covid-19 sah untuk digunakan jika memenuhi lima syarat, diantaranya terkait kehalalan dan kesucian vaksin yang digunakan berdasarkan penilaian oleh MUI.

Terakhir, Ia juga mengingatkan bahwa mensukseskan program untuk menghasilkan imunitas baik personal apalagi kolektif melalui vaksinasi adalah sebuah kebaikan. Karena itu Ia meminta semua komponen saling bekerja sama untuk menciptakan kebaikan bagi umat bangsa dan negara.

RELATED ARTICLES
spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Jumat, Maret 29, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Banyak Dibaca

- Advertisment -