fbpx
23 C
Mataram
Sabtu, September 18, 2021
Update Covid-19 Indonesia
4,185,144
Total Kasus
Updated on 18/09/2021 10:43 am
BerandaEkonomiTips Memilih Situs Pinjol untuk Pinjaman Modal Usaha

Tips Memilih Situs Pinjol untuk Pinjaman Modal Usaha

- Advertisement -
- Advertisement -

Sejak diluncurkan pertama kali di Indonesia, pinjaman online terbukti telah membantu banyak orang mengatasi masalah finansial. Persyaratannya yang mudah dan tidak ribet membuat produk keuangan ini dapat dijangkau hampir semua kalangan masyarakat. Bagi Anda membutuhkan dana untuk modal usaha juga bisa memanfaatkan layanan pinjaman online ini. Namun saat memilih pinjaman modal usaha, Anda harus berhati-hati. Jangan sampai malah terjebak pinjol abal-abal. Untuk menghindari ini, simak ulasan tips memilih situs pinjol berikut:

1. Pastikan Terdaftar di OJK

Sebagai lembaga resmi negara yang mengawasi kegiatan jasa keuangan di Indonesia, sudah seharusnya Anda memanfaatkan layanan pinjol yang terdaftar di OJK. Pinjol yang sudah terdaftar dapat dipastikan jika kebijakan dari layanannya sesuai dengan aturan OJK. Hal ini tentunya membuat Anda menghindari risiko mendapatkan suku bunga terlampau tinggi, denda yang tidak wajar, dan lain sebagainya. 

- Advertisement -

Untuk mengeceknya Anda bisa kunjungi website resmi OJK. Jika situs pinjol yang Anda pilih ada di dalam daftar, bisa dikatakan layanannya aman untuk dimanfaatkan begitupun sebaliknya.

2. Menyediakan Layanan Konsumen

Pilihlah pinjol yang menyediakan layanan konsumen atau customer service. Hal ini untuk membantu Anda dan pemberi pinjaman dapat melangsungkan kontak dengan jelas dan akurat. Tidak adanya layanan konsumen menunjukkan pinjol tersebut abal-abal alias penipu.

3. Situs Layanan Menjamin Keamanan Data

Sebagai perusahaan pinjaman online, biasanya memiliki website atau aplikasi. Hal ini untuk menjaga betul keamanan dari data pribadi para nasabahnya. Bahkan, agar bisa menggunakan layanannya, tak sedikit pinjol yang mewajibkan nasabahnya melakukan berbagai langkah security, seperti memasukkan password dan PIN.

4. Ajukan Pinjaman Sesuai Kebutuhan

Walaupun meminjam untuk modal usaha, Anda tetap harus pinjam sesuai kebutuhan. Selain dapat meringankan cicilan di masa mendatang, hal ini juga dapat mengelakkan Anda dari potensi ketagihan mengajukan pinjaman online. Oleh karena itu, hitung dulu dengan tepat berapa banyak dana yang dibutuhkan sebagai tambahan modal usaha sebelum mengajukan pinjaman modal usaha.

5. Pelajari Kontrak Pinjaman

Ketika memilih pinjaman online Anda harus mengetahui segala ketentuan, poin, dan isi kontrak pinjaman. Jika ada beberapa hal yang tidak dipahami, jangan sungkan untuk menanyakannya dengan  jelas dan tidak ada pernyataan yang ambigu sehingga memicu salah paham, atau bahkan menjebak Anda.

Hal tersebut penting untuk Anda lakukan karena isi dari kontrak inilah yang nantinya menjadi rujukan jika terjadi masalah saat proses meminjam tersebut. Setiap penyedia pinjaman online tentunya memiliki kebijakan dan isi kontrak yang berbeda. Maka selalu membaca dengan seksama dan teliti kontrak pinjaman sebelum menandatangani.

Itulah tips memilih situs pinjaman modal usaha online yang harus Anda perhatikan sebelum meminjamnya. Pinjaman online terbaik yang bisa Anda pilih adalah Tunaiku. Aplikasi pinjol tanpa jaminan ini berbeda dengan pinjol lainnya, Tunaiku dikelola sendiri oleh perbankan sehingga risiko pinjaman online yang selama ini dihadapi ketika berhadapan Fintech P2P relatif lebih kecil.

Situs Tunaiku menawarkan Plafon pinjaman mulai dari Rp. 2 juta hingga Rp. 20 juta dengan masa tenor pinjaman antara 6 bulan hingga 20 bulan. Selain itu, Tunaiku juga membebaskan biaya provisi dan tidak mengenakan biaya tambahan jika Anda yang ingin melunasi semua pinjaman lebih cepat dari jatuh tempo. Banyak kemudahan yang ditawarkan Tunaiku layak Anda pilih sebagai pinjaman untuk modal usaha. Apalagi Tunaiku juga sudah terdaftar di OJK sehingga keamanannya sangat terjamin. Jadi, tunggu apalagi? Segera gunakan Tunaiku sekarang juga ya!

- Advertisement -
- Advertisment -
- Advertisment -

Berita Populer Pekan Ini

- Advertisment -