Senin, November 28, 2022
Senin, 28 November, 2022

Aman & Nyaman Saat Berpergian Naik Pesawat Di Masa Pandemi? Begini Tipsnya

- Advertisement -

Pandemi Covid-19 saat ini memang cukup membuat repot bagi orang-orang yang sering bepergian, baik untuk bekerja, liburan atau berkunjung ke sanak saudara. Adanya Covid-19 saat ini tidak hanya menjadi cukup sulit untuk bepergian naik pesawat namun transportasi umum yang lainnya.

Tapi yang menjadi permasalahan adalah ketika di dalam transportasi penerbangan posisi dari sistem sirkulasi udara yang minim dan bangku yang berdekatan di dalam pesawat. Sangat berbeda dengan kendaraan yang lainnya yang dapat untuk buka jendela agar pergantian dari udara lancar, tapi jika pesawat memakai sistem sirkulasi sendiri guna memutar kandungan udara yang ada di dalamnya.

Tidak hanya itu, risiko terpapar Covid-19 karena bepergian dengan memakai pesawat cukup besar.

Maka tidak heran jika beberapa negara menutup sejumlah akses penerbangan baik dalam negeri ataupun luar negei. Namun meski begitu, bila Anda memang mempunyai keperluan yang mendesak dan penting sehingga mengharuskan pergi dengan memakai transportasi pesawat haru memperhatikan beberapa hal. Nah, di sini akan memberikan rangkuman apa saja yang harus Anda perhatikan supaya tetap aman ketika naik pesawat di masa pandemi Covid-19.

Beberapa Tips Aman Bepergian dengan Naik Pesawat

Pemeriksaan kesehatan saat di Bandara (ilustrasi)
  • Pastikan Dahulu Bila dalam Kondisi yang Sehat Benar
    Guna memastikan Anda tetap aman ketika naik pesawat di masa pandemi seperti sekarang, Anda harus pastikan kondisi kesehatan dahulu sebelum penerbangan. Anda harus memastikan jika tubuh di dalam keadaan yang benar-benar sehat, prima serta tidak mempunyai keluhan sakit.

Apabila Anda sedang merasa tubuh kurang fit, kurang enak badan seperti pilek, pusing batuk atau berbagai gejala tidak sehat yang lain sangat disarankan untuk menunda penerbangan. Hal itu karena kondisi imun tubuh yang kurang baik maka akan membuat tubuh Anda mudah untuk tertular berbagai macam penyakit atau virus.

  • Lebih Bijak dalam Memilih Maskapai Penerbangan
    Ketika memilih penerbangan, Anda harus bijak di dalam memilih maskapai penerbangan. Anda sebaiknya mencari tahu mana saja penerbangan yang mempunyai standar protokol kesehatan yang memenuhi standar WHO dan baik tentunya. Hal ini merupakan usaha pertama Anda yang harus dilakukan agar memastikan tetap aman ketika naik pesawat di masa pandemi ini.
  • Lakukan Check-In Secara Online
    Saat masa pandemi ini banyak hal diatur dan dibuat agar mengurangi kontak fisik atau sentuhan. Begitu juga dengan penerbangan saat ini yang diatur sedemikian rupa sehingga kontak antar penumpang bisa terjaga dan tidak menimbulkan kerumunan yang bisa membuat penyebaran virus semakin meluas.

Salah satu contohnya adalah saat ini adanya check-in online, dimana Anda bisa untuk melakukan check-in bahkan sebelum di bandara. Dengan check-in online ini, Anda pun antre di konter check-in maskapi penerbangan. Nah, salah satu penerbangan yang menyediakan layanan adalah Lion Air. Anda bisa melakukan check-in online untuk maskapai Lion Air di Traveloka web checkin lion air.

  • Selalu Menggunakan Masker serta Menyiapkan Masker Cadangan
    Supaya Anda tetap aman ketika naik pesawat, maka Anda harus pastikan untuk selalu memakai masker di sepanjang perjalanan. Lalu jika perkiraan perjalanan memerlukan waktu yang lebih dari 4 jam, maka Anda harus untuk menyediakan masker cadangan. Jangan lupa juga untuk memastikan masker yang dipakai dalam keadaan yang bersih.
  • Membawa Peralatan Sanitasi Sendiri Dalam Tas
    Benda yang memang tidak boleh untuk Anda lupa dan lewatkan bawa di dalam tas adalah peralatan untuk sanitasi. Peralatan ini wajib untuk dibawa oleh Anda kemana saja untuk menjaga supaya diri tetap dalam keadaan steril. Alat-alat sanitasi yang harus Anda bawa seperti disinfektan, tisu basah, hand sanitizer dan sabun.
  • Mematuhi Protokol Kesehatan yang Sudah Ditetapkan Maskapai Penerbangan
    Tips aman yang harus Anda perhatikan ketika baik pesawat selanjutnya adalah mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan maskapai penerbangan. Setelah Anda mendapatkan maskapai penerbangan yang mempunyai standar kesehatan baik dan sesuai dengan standar WHO, maka Anda harus ikuti apa yang petugas maskapai instruksikan. Dengan demikian, Anda bisa tetap aman ketik bepergian naik pesawat.

Nah, demikian beberapa tips tetap aman naik pesawat. Sebenarnya masih ada banyak hal lain yang harus Anda perhatikan selain hal-hal di atas misalnya sering mencuci tangan, membersihkan tempat duduk sebelum memakainya dan lain sebagainya. Namun yang terpenting dari semua itu adalah Anda tetap patuh pada protokol kesehatan yang diterapkan supaya tidak mudah tertular virus corona. Semoga bermanfaat.

- Advertisement -
spot_img
Senin, 28 November, 2022
spot_img

Share post:

Subscribe

Berita Populer

Berita Terbaru

Berita Lainnya
Terkait