Kamis, Maret 28, 2024
BerandaNTBGubernur NTB: Program Mahadesa dan NTB Mall Wujud Industrialisasi Pertanian

Gubernur NTB: Program Mahadesa dan NTB Mall Wujud Industrialisasi Pertanian

- Advertisement -

HarianNusa, Mataram – Pemerintah Provinsi NTB berkomitmen meningkatkan nilai tambah hasil pertanian melalui pemanfaatan teknologi. Komitmen itu telah diperkuat melalui program industrialisasi dengan menyediakan sistem infrastruktur digital ekonomi yaitu aplikasi NTB Mall dan Mahadesa.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah menjelaskan, program MAHADESA merupakan infrastruktur ekonomi digital manajemen perdagangan dan distribusi produk-produk UMKM NTB yang diakomodir oleh BUMDes di NTB sebagai ujung tombaknya dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga. Sedangkan Aplikasi NTB Mall berperan sebagai sistem yang mempromosikan produk-produk UMKM NTB hingga pasar nasional maupun global sekaligus meningkatkan kualitas dan legalitas produk-produk sesuai standar.

"Sehingga industrialisasi pertanian tidak lagi wacana tapi sudah dibuktikan oleh UMKM/IKM masyarakat NTB. Jadi masyarakat tidak lagi menjual hasil pertanian dalam keadaan mentah atau mengirim bahan baku ke luar daerah tapi diolah agar memiliki nilai tambah bagi peningkatan ekonomi," ungkap gubernur saat menjadi narasumber pada webinar Transformasi Ekonomi Balinusra dengan tema "Balinusra Menuju Pertanian 4.0" yang diinisiasi Bank Indonesia (BI) secara virtual di ruang kerjanya, Selasa (14/09/2021).

Menurut Dr. Zul, masyarakat NTB mampu menciptakan berbagai produk yang berkualitas baik dari hasil pertanian, maupun motor listrik dan lain sebagainya. Untuk itu, Program Mahadesa dan NTB Mall tidak terlepas dari intervensi dan bantuan dari Bank Indonesia agar UMKM masyarakat semakin berkembang dan mensejahterakan.

Webinar tersebut turut dihadiri oleh Gubernur NTT Viktor Laiskodat, Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati, seluruh kepala BI wilayah Balinusra dan berbagai civitas akademi lainnnya. (*)

Ket. Foto:
(Ruang Kerja Gubernur, Pendopo) – Menghadiri dan menjadi narasumber pada acara "2nd Webinar Transformasi Ekonomi Balinusra : Balinusra Menuju Pertanian 4.0" secara virtual. Bank Indonesia (Bank Sentral Republik Indonesia). (Istimewa)

RELATED ARTICLES
spot_img
Kamis, Maret 28, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Kamis, Maret 28, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Banyak Dibaca

- Advertisment -