fbpx
23 C
Mataram
Sabtu, November 27, 2021
Update Covid-19 Indonesia
4,255,672
Total Kasus
Updated on 27/11/2021 3:06 pm
BerandaGaya HidupRekomendasi Kuliner di Sekitar Kawasan Mandalika Lombok

Rekomendasi Kuliner di Sekitar Kawasan Mandalika Lombok

- Advertisement -
- Advertisement -

Bukan Indonesia namanya kalau destinasi wisatanya tidak banyak. Dari berbagai kota, pulau, dan daerah, Lombok menjadi salah satu destinasi ikonik bagi Anda yang ingin melihat indahnya  pemandangan dan wisata alam yang menarik. Tidak hanya warga lokal, turis dari luar negeri pun berbondong-bondong datang ke Lombok untuk menyaksikan langsung keindahan alamnya.

Selain tempat wisata yang indah, kuliner Lombok juga tidak kalah indah. Salah satu destinasi yang wajib sekali Anda datangi adalah Mandalika. Dengan diadakannya event World Superbike (WSBK) 2021 di Mandalika, tidak sedikit jumlah pengunjung yang datang untuk menyaksikan sekaligus berlibur dan mencicipi makanan khas Mandalika.

Untuk Anda pemburu kuliner pasti tidak akan menyesal datang jauh-jauh ke sini. Jangan lupa untuk membawa kamera terbaik Anda untuk mengabadikan pemandangan dan merekam kenangan saat berkunjung ke Lombok.

Nasi Balap Puyung

- Advertisement -

Kalau di Jawa ada nasi rames atau nasi campur, Lombok punya nasi balap puyung. Menu ini terdiri dari nasi putih, ayam goreng, abon pedas, kacang goreng, kelapa parut, tumis sayur, dan sambal. Dengan lauknya yang lengkap dan bervariasi, makanan ini sering menjadi pilihan untuk yang ingin makan dengan cepat dan kenyang.

Ayam Taliwang

Walaupun menu ini sudah banyak dijual di banyak kota di Indonesia, makan ayam taliwang langsung di Lombok akan memberikan pengalaman kuliner yang berbeda. Ayam taliwang ini dimasak dengan cara dibakar dan biasanya disajikan dalam satu porsi utuh, bukan dalam bagian-bagian yang sudah dipotong. Bumbu pedas manis yang menyerap ke dalam daging ayam akan sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat.

Plecing Kangkung

Tidak hanya Bali, Lombok juga terkenal dengan plecing kangkungnya. Bedanya dengan yang di Bali, plecing kangkung Lombok menggunakan tauge dan ada tambahan parutan kelapa yang pedas. Makanan ini adalah teman terbaik untuk dimakan bersamaan dengan ayam taliwang sebagai pelengkap dari hidangan khas Lombok. Rasa segar dan pedas dari sambal tomat membuat menu ini jadi pilihan banyak orang.

Sate Rembiga

Sate daging sapi ini adalah salah satu makanan yang menjadi incaran warga lokal. Dagingnya terbuat dari daging sapi dan disajikan tanpa bumbu kacang. Sebab, sate rembiga dimasak dengan cara membalur sate daging dengan bumbu rempah-rempah sampai menyerap ke dalam. Jadi, tanpa bumbu sekalipun, rasa gurih dari cabe rawit dan bawang putih akan membuat Anda ketagihan. Anda bisa menikmati sate rembiga dengan lontong supaya lebih kenyang.

Sate Tanjung

Sate ini selalu dibanggakan oleh masyarakat Lombok, sebab sate ini terbuat dari daging ikan, seperti ikan cakalang, ikan langoan, atau ikan marlin. Diolesi bumbu yang kaya rempah, sate tanjung konsisten menjadi menu favorit masyarakat Lombok dan cocok saat disantap dengan nasi putih atau lontong. Proses pembuatannya membutuhkan waktu sekitar 5 jam untuk membuat bumbu rempahnya menyerap dengan sempurna.

Sayur Ares

Jenis menu ini mungkin masih asing di telinga Anda, tetapi sayur ares adalah salah satu menu khas Lombok. Terbuat dari pelepah pisang dan dimasak dengan santan, sayur ini sering menjadi andalan masyarakat Lombok untuk dimakan saat sedang musim hujan. Terdapat tualang dan suwiran daging ayam juga untuk melengkapi rasa manis, gurih, dan pedas dalam satu mangkuk saja.

Babalung

Babalung atau dapat diartikan sebagai tulang adalah sop tulang iga sapi khas Mandalika. Tidak hanya sapi, beberapa tempat makan juga menjual babalung dengan tulang iga kerbau. Kuah bening ini dibuat dengan bumbu cabe rawit, bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, dan kunyit. Selain sayur ares, babalung juga enak dimakan saat cuaca sedang mendung.

Sate Bulayak

Namanya yang unik bisa membuat Anda terus menerka sate apa ini. Sate bulayak adalah sate daging sapi yang dibalur dengan bumbu kacang. Bukan bumbu kacang sate pada umumnya, bumbu sate bulayak dapat dimasak dengan kacang tanah sangrai dengan santan untuk menghasilkan tekstur yang mirip dengan kari. Tidak hanya itu, sate bulayak juga disajikan dengan lontong yang dibungkus dengan daun aren, menghasilkan aroma yang berbeda dari lontong daun pisang biasa.

Poteng Jaje Tujak

Makanan yang terbuat dari tape ketan dan beras ketan ini termasuk sebagai salah satu menu kuliner yang akan susah Anda temukan. Pasalnya, banyak tempat makan yang hanya menyajikan poteng jaje rujak pada saat hari raya besar saja. Rekomendasi terakhir ini cocok sebagai penutup hidangan saat Anda selesai menyantap menu-menu khas Mandalika.

- Advertisement -
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -

Berita Populer Pekan Ini

- Advertisment -