Selasa, Juni 18, 2024
spot_imgspot_img
BerandaOtomotifMau Servis Mobil Memakai Asuransi? Cek Dulu Bengkel Rekanannya!

Mau Servis Mobil Memakai Asuransi? Cek Dulu Bengkel Rekanannya!

- Advertisement - Universitas Warmadewa

Apa yang paling Anda pertimbangkan saat memilih asuransi kendaraan atau asuransi mobil? Sebagian besar orang tentu akan menjawab besaran premi dan risiko-risiko yang dijamin perusahaan asuransi.

Kedua hal tersebut memang harus diprioritaskan, tetapi ada baiknya Anda mengecek layanan-layanan yang sebaiknya diperhatikan, salah satunya service mobil di bengkel.

Ya, servis, baik untuk pemeliharaan maupun perbaikan, dapat dibantu biayanya dengan asuransi. Perusahaan-perusahaan asuransi pun biasanya sudah mempunyai bengkel rekanan yang akan memudahkan nasabah menservis kendaraannya.

Di sisi lain, Anda juga jangan buru-buru mencari bengkel rekanan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya hasil servisnya memuaskan.

Menentukan bengkel rekanan dari asuransi mobil

Berikut ini adalah tiga poin yang dapat Anda pertimbangkan dari bengkel rekanan untuk servis mobil:

1. Cek kredibilitas bengkel rekanan

Perusahaan asuransi pastinya memilihkan bengkel rekanan yang reputasinya bagus. Namun, alangkah baiknya Anda memeriksa sendiri kredibilitas mereka, misalnya dengan mengecek profil atau mengunjungi tempatnya langsung.

Jadi, kalau bengkel yang bersangkutan kurang sesuai, Anda bisa langsung mencari tempat lain.

2. Menawarkan fasilitas-fasilitas penunjang

Anda yang terlalu sibuk mengurus pekerjaan barangkali mempunyai waktu terbatas sampai tak sempat servis kendaraan di bengkel.

Untuk memudahkan pemeliharaan berkala, cek fasilitas-fasilitas penunjang yang bengkel tersebut sediakan. Jangan lupa tanyakan kepada asuransi mobil apakah mereka akan menanggung biayanya.

3. Perhatikan performa kerjanya

Untuk meyakinkan hasil riset yang dilakukan, perhatikan performa kerja bengkel rekanan yang Anda pilih. Teknisi-teknisi berpengalaman pasti tahu cara menangani kendaraan yang bermasalah atau merawatnya sesuai kebutuhan.

Selain itu, cek bagaimana customer service yang disediakan memberi respons terhadap keluhan dan masukan konsumen.

Jika menemukan bengkel rekanan yang sesuai, Anda akan menerima sejumlah manfaat seperti:

• Menjaga performa mobil. Pemeliharaan atau servis berkala akan menjaga performa mobil tetap stabil. Pasalnya dari pengecekan, teknisi di bengkel dapat mengetahui komponen mana yang masih bagus fungsinya dan mana yang harus segera diperbaiki;

• Menekan risiko pengeluaran berlebih. Kata siapa servis mobil yang rutin menyebabkan pos pengeluaran membengkak? Justru Anda bakal menghematnya, karena servis secara tak langsung mencegah risiko-risiko kerusakan atau kecelakaan;

• Memastikan nilai jual mobil tetap tinggi. Mobil yang terawat baik menjadi nilai plus bagi Anda yang hendak menjualnya di kemudian hari. Orang-orang yang hendak membelinya pun tak bakal menawar harganya begitu mengetahui performanya masih bagus;

• Memberikan rasa nyaman dan aman. Seperti halnya membeli asuransi, merawat mobil secara berkala akan memberikan rasa nyaman dan aman bagi Anda. Jadi, kegiatan sehari-hari yang mengandalkan mobil untuk bepergian juga tak terganggu.

Servis mobil untuk transmisi manual vs otomatis

Untuk mendapatkan manfaat-manfaat di atas, Anda perlu memperhatikan jenis transmisi yang digunakan mobil: manual atau otomatis (matic).

Asuransi mobil biasanya tak membeda-bedakan kendaraan dari segi transmisi, tetapi untuk perawatan aspek ini berdampak pada biaya yang nanti harus dibayar.

Dari servis general sebenarnya tak jauh berbeda. Baik mobil manual dan matic akan melewati pemeriksaan secara menyeluruh yang mencakup mesin, oli, lampu, ban, AC, dan komponen penting lainnya. Akan tetapi, jumlah tagihan yang diberikan akan berbeda.

Servis yang dilakukan terhadap mobil matic cenderung lebih mahal, terutama kalau Anda harus mengganti suku cadang. Pasalnya transmisi matic mempunyai sistem lebih rumit dan membutuhkan waktu serta konsentrasi tinggi dari teknisi untuk menggantinya.

Selain itu, pada servis mobil, ganti gigi matic harus dilakukan dengan komponen elektrik dan hidrolik. Belum lagi risiko seperti kebocoran sistem transmisi yang akan menelan biaya tinggi, mengingat para teknisi harus membongkarnya terlebih dulu.

Lain cerita kalau Anda memakai transmisi manual yang biaya servisnya lebih terjangkau. Hal ini disebabkan pada transmisi ini tenaga pengemudi yang akan diandalkan saat mengganti gigi. Akan tetapi, Anda harus memastikan komponen-komponen lain untuk mendukung performa keseluruhan kendaraan bertransmisi manual.

Bagaimana dengan jenis servisnya? Masing-masing bengkel rekanan bisa saja memberikan fasilitas dan layanan berbeda. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tanyakan dulu kepada asuransi mobil maupun bengkel rekanan untuk mengetahuinya.

RELATED ARTICLES
spot_img
Selasa, Juni 18, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Selasa, Juni 18, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -
- Advertisment -

Banyak Dibaca

- Advertisment -