Rabu, Juli 17, 2024
spot_imgspot_img
BerandaGaya HidupApa Itu Asuransi Syariah? Pengertian, Unsur, dan Jenis-jenisnya

Apa Itu Asuransi Syariah? Pengertian, Unsur, dan Jenis-jenisnya

- Advertisement - Universitas Warmadewa

Asuransi syariah menjadi jawaban untuk masyarakat yang masih ragu ketika ingin ikut asuransi karena kejelasan hukum dalam agama.

Sebab, masih banyak orang yang menganggap asuransi adalah sebuah riba dan tidak memiliki akad yang benar dalam transaksinya. Salah satu jenis asuransi adalah asuransi rawat jalan yang penting dimiliki untuk proteksi diri dan keluarga.

Tujuan utama asuransi memang sebagai bentuk perlindungan finansial pada masyarakat. Itulah mengapa perusahaan-perusahaan asuransi di dalam negeri mulai memperkenalkan produk asuransi syariah dengan perhitungan dan akad yang sesuai dengan agama.

Untuk Anda yang penasaran dan mau tahu lebih lanjut tentang asuransi syariah, mari kita bahas dasar-dasarnya dalam artikel berikut ini.

Apa itu Asuransi Syariah?

Sebenarnya ada banyak pengertian dari asuransi syariah. Salah satu yang paling sederhana adalah produk asuransi yang dihitung dan dilakukan berdasarkan hukum syariah.

Berdasarkan MUI sendiri, asuransi syariah diartikan sebagai usaha saling tolong menolong antara pihak perusahaan dengan masyarkat dalam bentuk investasi atau aset dengan pola pengembalian ketika mengalami risiko atau musibah tertentu dengan tetap melakukan akad sesuai hukum agama yang berlaku.

Mendefinisikan jenis asuransi ini secara bahasa memang agak rumit. Tapi pada dasarnya, produk asuransi ini dibuat sebagai usaha saling membantu agar masyarakat bisa memiliki finansial yang lebih stabil dalam kondisi apapun.

Unsur-unsur dalam Asuransi Syariah

Di dalam asuransi syariah, terdapat 3 unsur utama yang menjadi semua pedoman perusahaan, yaitu:

  • Adanya akad
  • Dana tidak hangus
  • Tolong-menolong

Kunci dari asuransi syariah adalah dana premi tidak akan hangus baik ada maupun tidak ada klaim selama kontrak berlangsung. Artinya jika ada klaim, akan dilakukan pembagian dana premi yang sudah disetor oleh nasabah berdasarkan akad atau kontrak yang berlaku.

Beberapa perusahaan bahkan bersedia memberikan 100% pengembalian premi dengan kondisi tertentu.

Hal ini berhubungan dengan unsur lainnya dari asuransi syariah, yaitu saling tolong-menolong. Artinya adalah tujuan utama dari adanya program ini bukan untuk keuntungan komersil semata bagi perusahaan.

Jenis-jenis Asuransi Syariah yang ada di Lifepal

Untuk Anda yang sedang mencari asuransi Syariah, Lifepal adalah tempat terbaik melihat-lihat produk apa saja yang tersedia dan bisa dilipih. Karena layaknya produk asuransi lainnya, asuransi jenis syariah juga sudah punya banyak pilihan produk dari bermacam perusahaan.

Nah, di Lifepal Anda bisa membandingkan semua produk asuransi dari puluhan bahkan ratusan perusahaan asuransi yang ada di Indonesia.

Untuk asuransi syariah sendiri, produknya akan dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:

Produk Asuransi Jiwa Syariah

Asuransi jiwa adalah asuransi yang akan cair ketika pemiliknya meninggal dunia atau mengalami cacat total sampai tidak bisa mencari nafkah lagi. Sehingga ahli waris bisa mendapatkan santunan atau bantuan finansial sesuai dengan akad yang dilakukan oleh pemegang polis.

Produk Asuransi Mobil Syariah

Sesuai dengan namany, asuransi ini melindungi mobil atau kendaraan bermotor lainnya dari kerusakan parah maupun ringan. Sehingga tiap kali mobil Anda rusak, biaya servis mobil tersebut akan diganti oleh perusahaan asuransi baik seluruhnya maupun sebagian.

Saat ini mobil memang jadi kendaraan yang paling dibutuhkan untuk mobilitas setiap hari. Oleh karena itu perawatannya pun wajib diperhatikan agar bisa tetap digunakan dalam kondisi apapun.

Produk Asuransi Kesehatan Syariah

Dan yang terakhir sekaligus paling penting adalah asuransi kesehatan syariah. Dengan asuransi ini, biaya perawatan keluarga Anda akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Uang yang keluarkan oleh perusahaan asuransi sendiri telah dikelola berdasarkan hukum syariah.

Dalam asuransi kesehatan syariah, ada 2 jenis produk yang bisa Anda pilih, yaitu:

  • Asuransi rawat jalan
  • Asuransi rawat inap

Kedua jenis ini dibedakan berdasarkan perawatan yang diberikan kepada pasien dari rumah sakit.

Umumnya asuransi rawat syariah jalan adalah produk yang paling diminati. Tapi untuk langkah preventif, asuransi rawat inap juga sangat penting karena bisa meng-cover biaya rawat inap ketika pasien harus diberikan perawatan yang lebih serius. Nah, jadi seperti itulah penjelasan singkat mengenai asuransi syariah. Jadi sekarang tidak ada lagi alasan ragu akan hukum asuransi berdasarkan syariat, karena sudah ada produk yang semuanya dikelola dan dilakukan berdasarkan aturan hukum syariah.

RELATED ARTICLES
spot_img
Rabu, Juli 17, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Rabu, Juli 17, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -
- Advertisment -

Banyak Dibaca

Berita Terbaru

- Advertisment -