Selasa, April 23, 2024
spot_imgspot_img
BerandaNTBNTB Siap Jadi Pilot Project Green Energy

NTB Siap Jadi Pilot Project Green Energy

- Advertisement - Universitas Warmadewa

HarianNusa, Mataram – Provinsi NTB siap dipilih atau ditunjuk menjadi salah satu daerah Pilot Project Green Energy. Kesiapan Prov NTB tersebut disampaikannya langsung Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd., dihadapan Tim Pengkaji Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) dalam rangka kegiatan pendalaman materi kajian jangka panjang di wilayah Provinsi NTB, Selasa (5/7) di Ruang Kerja Wagub, Kantor Gubernur NTB.

Pendalaman Materi Kajian Jangka Panjang di wilayah Provinsi NTB yang bertajuk “Implementasi Green Economy Dalam Rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional”, Wagub lebih lanjut menyatakan, Provinsi NTB memiliki banyak potensi dalam mewujudkan Green Energy. Pemrov NTB memiliki target ambisius bebas emisi karbon atau net zero emission tahun 2050. Sedangkan Pemerintah Pusat menargetkan bebas emisi karbon pada 2060.

Terkait hal ini, Wagub juga mengakui, Provinsi NTB sebagai daerah yang punya roadmap yang jelas terkait dengan pengurangan emisi karbon.

“Kami memliki banyak potensi untuk mewujudkan green energy. Terlebih lagi kami memiliki target nol emisi tahun 2050. Lebih cepat 10 tahun dari target pemerintah pusat. Dan kami juga telah menyiapkan road map dan langkah-langkah hingga 2050 kedepan,” jelas Wagub.

Ummi Rohmi sapaan akrab Wagub NTB ini menjelaskan, untuk mengejar target bebas emisi karbon 2050, Pemprov NTB menjadikan pembangunan di bidang lingkungan menjadi prioritas daerah. Yang dijabarkan dalam salah satu misinya yaitu NTB Asri dan Lestari untuk mewujudkan NTB Bersih dan Hijau.

“Di NTB kami punya misi Asri dan Lestari. Hal ini merupakan wujud nyata kami untuk lebih peduli terhadap lingkungan,” terangnya.

Deputi Bidang Pengkajian Strategik Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P., mengucapkan tereimakasih atas informasi yang telah dipaparkan terhadapnya. Segala masukan dan saran dari Pemrov NTB akan ditampung.

“Terimakasih atas informasi yang telah ibu Wagub sampaikan kepada kami. Kami akan tampung seluruh masukan dan saran untuk nantinya akan kami sampaikan ke pimpinan,” ungkapnya. (*)

Wakil Gubernur NTB. Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah saat menerima Tim Pengkaji Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) dalam rangka kegiatan pendalaman materi kajian jangka panjang di wilayah Provinsi NTB, Selasa (5/7) di Ruang Kerja Wagub, Kantor Gubernur NTB. (Istimewa)
RELATED ARTICLES
spot_img
Selasa, April 23, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Selasa, April 23, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Banyak Dibaca

- Advertisment -