Senin, November 28, 2022
Senin, 28 November, 2022

Aplikasi E-comerce dan Desa Digital AKAD Lobar Mudahkan Masyarakat Mengakses Pelayanan

- Advertisement -

HarianNusa, Lombok Barat – Asosiasi Kepala Desa (AKAD) memperingati hari jadinya yang pertama, yang dirangkai dengan Launching Aplikasi E- Comerce dan Desa Digital AKAD Lombok Barat, bertempat di Gedung Seni dan Budaya di Narmada, Selasa, 18 Oktober 2022.

Ketua Umum AKAD Lombok Barat, Sahril, S. H., mengatakan bahwa Aplikasi AKAD Lobar ini dibuat untuk memudahkan masyarakat mendapatkan akses pelayanan pemerintah desa.

“Aplikasi ini untuk memudahkan pemerintah desa melakukan pelayanan kepada masyarakat. Pertama disitu ada info desa untuk melayani kebutuhan masyarakat dalam sistem digitalisasi seperti surat menyurat dengan sistem online,” terangnya saat diwawancara sejumlah wartawan usai acara.

Selain itu, lanjutnya, aplikasi ini bisa meng update semua potensi desa melalui fitur-fitur yang dilengkapi untuk dirangkum dengan potensi desa-desa yang ada di Lombok Barat.

“Satu aplikasi, 119 desa akan menjadi admin desanya masing-masing terkait potensi desa,” jelasnya.

Aplikasi E-comerce ini dilengkapi dengan berbagai fitur seperti akad ojek, akad mobil, akad food, akad kurir dan akad hotel untuk memudahkan masyarakat di desa maupun di kota untuk mengakses segala kebutuhannya.

“Memudahkan masyarakat yang mau memesan makanan, minuman maupun mengantar mengantar barang, mengantar orang, mengantar surat, kami siapkan di . Termasuk untuk menggunakan travel-travel jasa lainnya,” terangnya.

Aplikasi ini merupakan yang pertama se Indonesia yang di dalamnya ada aplikasi desa digital sekaligus E-comerce dimana Lombok Barat menjadj pilot project untuk mendigitalisasi desa secara masif se-Kabupaten Lombok Barat.

“Ini adalah menjadi impian dan harapan kami di Asosiasi Kepala Desa,” ungkapnya sembari mengatakan bahwa aplikasi ini berbentuk badan usaha Perseroan Terbatas (PT).

Kepala Desa Gelogor, Achmad Arman Iswara sendiri sangat mengapresiasi dan mensuport aplikasi yang dilaunching ini. Pihaknya siap menopang dengan segala potensi yang dimiliki Desa Gelogor.

“Kita menopang, kita suport dan kita dukung. Dengan aplikasi E-comerce kita mencoba untuk bersinergi dan berinteraksi dengan masyarakat luas sehingga bukan di pasar lokal saja tetapi lebih luas di pasar digital,” ucapnya saat menghadiri HUT AKAD Lombok Barat ke I dan Launching Aplikasi E- Comerce dan Desa Digital AKAD Lombok Barat.

Banyaknya masyarakat Desa Gelogor yang bergerak di bidang UMKM seperti pembuatan kerupuk yang saat ini tidak hanya merambah pasar tradisioanal, tentu adanya aplikasi E-comerce ini akan memudahkan dalam pemasaran secara online.

Sementara, untuk memudahkan pelayanan administrasi kepada masyarakat, Desa Gelogor akan mencoba melakukan sistem pelayanan secara online.

“Melalui AKAD kita akan mencoba peluang ini sebesar-besarnya. Semoga ini bermanfaat,” pungkasnya.

HUT AKAD Lombok Barat ke I dan Launching Aplikasi E- Comerce dan Desa Digital AKAD Lombok Barat ini dihadiri oleh Sekda Lobar, Ketua DPRD Lobar, Inspektur Inspektorat Provinsi NTB, Para Kepala Desa di Kabupaten Lombok Barat, serta tamu undangan lainnya. (03)

Ket. Foto:
1. Ketua AKAD Lobar Sahril, S. H., saat memberikan sambutan pada HUT AKAD Lombok Barat ke I dan Launching Aplikasi E- Comerce dan Desa Digital AKAD Lombok Barat. (HarianNusa)

2. Kepala Desa Gelogor Achmad Arman Iswara (kacamata hitam) saat menghadiri HUT AKAD Lombok Barat ke I dan Launching Aplikasi E- Comerce dan Desa Digital AKAD Lombok Barat. (HarianNusa)

- Advertisement -
spot_img
Senin, 28 November, 2022
spot_img

Share post:

Subscribe

Berita Populer

Berita Terbaru

Berita Lainnya
Terkait

Perkuat Upaya Preventif dan Penegakan Hukum untuk mencegah kasus ketenagakerjaan

HarianNusa, Mataram - Para pejabat Fungsional Pengawas Ketenagakerjaan dan...

NTB-MWA Universitas Sebelas Maret siap jalin Kerjasama Pendidikan

HarianNusa, Mataram - Peningkatan Sumber Daya Manusia yang menjadi...

STBA LIA Jakarta Memperluas Kerjasama dengan Beberapa Perusahaan Jepang

HarianNusa, Jakarta - Pada Selasa, 22 November 2022 STBA...

Pertahankan Kearifan Lokal dan Persiapan PON 2028, HUT 64 NTB akan Dimeriahkan Pacuan Kuda

HarianNusa, Mataram - Dalam rangka memeriahkan HUT ke 64...