Selasa, Juni 18, 2024
spot_imgspot_img
BerandaEkonomiMembuka Toko Online? Ketahui Tips Memilih Produk yang Tepat Untuk Dijual

Membuka Toko Online? Ketahui Tips Memilih Produk yang Tepat Untuk Dijual

- Advertisement - Universitas Warmadewa

Tidak diragukan lagi, memulai usaha secara online sudah menarik banyak perhatian khalayak. Ditambah lagi dengan adanya platform terpercaya dan ternama seperti Blibli yang menawarkan cara membuka toko online yang sangat mudah dan efisien, siapapun bisa memulai berjualan online dari mana saja dan kapan saja.

Salah satu langkah penting untuk menjadikan toko online Anda profitable atau menguntungkan adalah dengan melakukan riset tentang produk yang akan Anda jual.  Jadi, sangat disarankan Anda menjual produk yang memiliki demand atau permintaan yang tinggi.

Artikel ini akan membahas tips-tips untuk membantu Anda dalam memilih produk untuk toko online Anda. memiliki toko online yang menguntungkan.

Cari Produk yang Memenuhi Kebutuhan Pelanggan

Identifikasi kebutuhan pelanggan dan kemudian cari produk yang berpotensi memecahkan masalah mereka. Anda juga dapat memberikan solusi melalui produk yang Anda kembangkan. Dengan cara ini, Anda memecahkan masalah mereka dan menjangkau audiens yang tepat.

Ada banyak produk populer yang mahal di pasaran, yang tidak memiliki kualitas, daya tahan, ataupun fitur yang mumpuni. Orang-orang frustasi dengan jenis produk ini dan mencari alternatif. Di celah inilah merupakan peluang bagus untuk Anda.  Yang perlu Anda lakukan adalah mengidentifikasi produk tersebut. Anda dapat menawarkan mereka produk berkualitas yang dilengkapi dengan fitur dengan harga yang terjangkau.

Memilih Barang yang Sesuai Dengan Minat atau Hobi Anda

Membangun bisnis online membutuhkan banyak kesabaran dari pihak pemilik. Dan membangun toko online yang sukses adalah kombinasi dari kerja cerdas dan kerja keras. Jadi, penting untuk memiliki minat atau passion untuk apa yang Anda lakukan. Pilih produk yang Anda tahu banyak tentang produk tersebut dan memang memiliki ketertarikan akan produk tersebut.

Identifikasi Segmen Pasar Anda

Setelah Anda mengidentifikasi minat Anda, sekarang akan menjadi mudah bagi Anda untuk mengidentifikasi segmen pasar atau niche yang sesuai untuk toko online Anda.

Meskipun, ada banyak segmen pasar yang sedang tren dan populer, pilih salah satu yang Anda sukai dan yang juga diminati.

Ada beberapa manfaat memiliki segmen niche. Ini memberikan gambaran yang jelas tentang audiens target Anda. Anda mendapatkan audiens yang berkualitas dan relevan, dapat membantu mendorong penjualan produk Anda. Berikut adalah beberapa ide untuk produk niche yang bisa Anda jual secara online.

  • Produk kecantikan: Penjualan produk kecantikan tumbuh setiap hari. Pengenalan produk inovatif dengan fokus pada keragaman telah meningkatkan permintaan di pasar. Jika Anda memiliki hasrat dan pemahaman yang lebih baik tentang produk kecantikan, segmen khusus ini cocok untuk Anda.
  • Produk hobi: Setiap orang memiliki hobi, dan mereka senang menghabiskan waktu untuk itu. Ketika orang menyukai hobi mereka, mereka biasanya menghabiskan lebih banyak uang untuk mendapatkan produk yang tepat. Yang perlu Anda lakukan adalah menargetkan segmen penghobi yang tepat untuk meningkatkan penjualan Anda.
  • Produk gadget teknologi: Gadget bisa dibilang produk terlaris sekarang. Segmennya luas dan sangat beragam, yang akan terus berkembang selamanya. Jika Anda mempunyai minat yang besar terhadap apapun yang berhubungan dengan gadget teknologi dan memiliki pengetahuan yang cukup, maka besar kemungkinan anda akan mendirikan toko online yang menguntungkan.

Segmen khusus populer lainnya termasuk produk kesehatan & kebugaran, mainan, makanan hewan peliharaan, kamera & aksesorisnya, pakaian, hingga peralatan rumah tangga.

Pahami Tren Untuk Produk Anda

Sebelum Anda memilih produk atau segmen pasar, sangat penting untuk memahami tren terbaru. Berikut adalah beberapa medium yang bisa membantu Anda untuk meninjau apakah pilihan produk Anda memiliki potensi yang baik.

  • Google Trends: Melalui Google Trends, Anda akan dapat mengidentifikasi tren terhangat di pasar. Ini juga membantu untuk menemukan topik online yang sedang tren berdasarkan waktu dan lokasi tertentu.
  • Media Sosial: pantau terus platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram untuk memahami tagar atau hashtag mana yang sedang tren. Sosial media adalah alat yang sangat efektif untuk mengidentifikasi dan memantau tren dari waktu ke waktu.

Baca Review Produk Dari Pembeli

Review produk dari pembeli bisa memberi tahu banyak tentang suatu produk. Anda akan dapat memahami apa yang mereka sukai dan apa yang tidak mereka sukai. Anda akan menemukan jawaban atas pertanyaan ini dengan membaca ulasan pembeli, seperti:

  • Produk seperti apa yang diminati konsumen?
  • Fitur baru apa yang mereka cari?
  • Produk online apa yang paling laris?
  • Keluhan seperti apa yang dimiliki pembeli terkait produk dan layanan?

Identifikasi Produk Yang Memiliki Margin Keuntungan Tinggi

Saat memilih produk untuk toko online Anda, lakukan riset mendalam tentang berbagai produk yang memiliki margin keuntungan yang tinggi. Perlu diingat juga, Anda perlu mempertimbangkan biaya produksi, biaya promosi, dan biaya pengiriman. Faktor-faktor ini perlu dipertimbangkan sebelum Anda memilih produk untuk dijual.

Memilih produk yang tepat untuk dijual adalah langkah pertama menuju perjalanan bisnis online Anda. Ingat,  segmen pasar atau produk yang Anda pilih akan membentuk seluruh bisnis Anda, pastikan melakukan riset yang mendalam.

Setelah Anda menemukan produk pilihan Anda, pastikan untuk menggunakan platform terpercaya untuk memulai berjualan. Anda bisa membuka toko online Anda secara gratis, tanpa deposit, dan bebas denda lewat Blibli! Caranya juga mudah, Anda hanya perlu menyiapkan data toko online Anda, email aktif, password, dan nomor handphone aktif. 

Yuk daftar sebagai seller Blibli!

RELATED ARTICLES
spot_img
Selasa, Juni 18, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Selasa, Juni 18, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -
- Advertisment -

Banyak Dibaca

- Advertisment -