Jumat, Maret 29, 2024
BerandaNTBWagub NTB Tekankan Badan Publik Harus Aktif dalam Keterbukaan Informasi Publik

Wagub NTB Tekankan Badan Publik Harus Aktif dalam Keterbukaan Informasi Publik

- Advertisement -

HarianNusa, Mataram – Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah mengajak agar seluruh Badan Publik di seluruh NTB untuk aktif dalam hal keterbukaan informasi publik (KIP) .

Ia mengatakan, KIP merupakan salah satu poin penting dalam pembangunan di suatu daerah.

Hal tersebut disampaikan Wagub NTB saat memberikan sambutan pada "Anugrah KIP Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2022 di Hotel Lombok Raya, Senin (19/12).

“Saya bersama Gubernur menjunjung tinggi KIP. Hal ini merupakan kebutuhan dan saat ini sesuatu yang ditutupi sudah tidak laku lagi. Mari kita saling terbuka akan informasi karena percayalah semakin kita terbuka semakin mudah kita bekerja,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Ummi Rohmi panggilan akrabnya mengatakan, bahwa dalam hal keterbukaan informasi, Pemerintah Provinsi NTB memiliki komitmen tinggi yang dibuktikan melalui layanan informasi "NTB Care". NTB Care merupakan program unggulan Pemprov NTB sebagai media aspirasi dan layanan komunikasi dua arah antara Pemimpin dengan masyarakat NTB.

“Bentuk komitmen kami dalam hal keterbukaan, kami memiliki NTB Care yang merupakan layanan komunikasi dua arah antara pemimpin dengan masyarakat. Keterlibatan masyarakat sangat penting sehingga masyarakat juga berbaur bersama-sama dengan pemerintah membangun NTB,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Informasi NTB, Suaeb Quri , S.H.I, dalam laporannya mengatakan, tahun ini terdapat peningkatan kualifikasi Informatif, salah satunya untuk kategori Badan Publik di tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov NTB.

“Terdapat penambahan sebanyak empat Badan Publik di lingkup perangkat daerah provinsi NTB dan terdapat pula Badan Publik yang tetap konsisten dalam mempertahankan prestasinya. Ini hal yang positif dalam keterbukaan informasi di NTB,” ucapnya.

Ia berharap agar Badan Publik yang belum masuk ke dalam kategori Informatif agar memberikan upaya yang lebih optimal agar di tahun depan mendapat prestasi yang lebih baik.

Di tahun ini, Komisi Informasi NTB memberikan penghargaan 5 kategori, diantaranya kategori Badan Publik Vertikal, kategori Badan Publik Penyelenggara Pemilu, kategori Badan Publik Pemerintah Desa, kategori Badan Publik Pemerintah Kabupaten/Kota dan Kategori Badan Publik OPD lingkup Pemprov NTB.

Untuk kategori Badan Publik Vertikal yang mendapat nilai tertinggi adalah KPU Provinsi NTB dengan nilai 99,25. Untuk nilai tertinggi kategori Badan Publik Penyelenggara Pemilu diraih KPU Kabupaten Dompu dengan nilai 97,85. Kategori Badan Publik Pemerintah Desa dimenangkan oleh Desa Senggigi dengan nilai 94,21. Kategori Badan Publik Pemerintah Kabupaten/Kota dengan nilai tertinggi diraih Kabupaten Lombok Barat dengan nilai 99,50 dan untuk Badan Publik OPD lingkup Pemprov NTB dengan nilai tertinggi didapat oleh RSUD Provinsi NTB dengan raihan nilai 99,40. (03)

Ket. Foto:
Wakil gubernur NTB Hj. Siti Rohmi Djalillah saat memberikan sambutan pada acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik. (Istimewa)

RELATED ARTICLES
spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Jumat, Maret 29, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Banyak Dibaca

- Advertisment -