Rabu, Juni 19, 2024
spot_imgspot_img
BerandaEkonomiRilis Data Statistik, BPS: Ekonomi NTB Tumbuh 3,57 Persen Pada Triwulan I...

Rilis Data Statistik, BPS: Ekonomi NTB Tumbuh 3,57 Persen Pada Triwulan I Tahun 2023

- Advertisement - Universitas Warmadewa

HarianNusa, Mataram – Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB, pertumbuhan ekonomi NTB pada triwulan I tahun 2023 mengalami kenaikan sebesar 3,57 persen dibandingkan dengan triwulan I tahun 2022. Kontribusi dari event internasional WSBK dan Porprov NTB yang diselenggarakan pada bulan lalu menjadi faktor utama yang membantu pertumbuhan ekonomi NTB.

“Event internasional WSBK dan Porprov NTB bulan lalu ikut mendukung pertumbuhan ekonomi di NTB dan memberikan kontribusi utama,” kata Kepala BPS Provinsi NTB, Drs. Wahyudin, MM saat menyampaikan berita resmi statistik di Aula Tambora BPS NTB, Jumat (5/5).

Kontribusi Berbagai Kegiatan untuk Pertumbuhan Ekonomi NTB

Selain event internasional tersebut, pertumbuhan ekonomi NTB juga didukung oleh berbagai kegiatan seperti panen raya komoditas pertanian, terutama padi. Kepala BPS Provinsi NTB, Drs. Wahyudin, MM menjelaskan bahwa pertumbuhan tertinggi menurut lapangan usaha secara year-on-year adalah konstruksi sebesar 12,76 persen, yang didukung terutama oleh pengadaan semen.

Lapangan usaha dengan pertumbuhan tertinggi berikutnya adalah perdagangan sebesar 9,07 persen, yang disebabkan oleh peningkatan penjualan mobil dan sepeda motor. Selain itu, kunjungan ke pusat perbelanjaan meningkat seiring dengan penghapusan PPKM.

Pertumbuhan tertinggi selanjutnya adalah jasa perusahaan sebesar 7,68 persen. Hal ini didorong oleh meningkatnya aktivitas agen perjalanan dan biro perjalanan wisata.

Peningkatan Mobilitas Penumpang di NTB

BPS NTB juga mencatat bahwa mobilitas penumpang melalui angkutan laut pada bulan Maret 2023 mengalami peningkatan dibandingkan Februari 2023. Jumlah penumpang yang datang meningkat sebesar 25,53 persen, sedangkan penumpang yang berangkat meningkat sebesar 20,95 persen. Ini menunjukkan mobilitas penumpang di NTB terus mengalami peningkatan.

Selain itu, mobilitas penumpang melalui angkutan udara domestik di Provinsi NTB juga mengalami peningkatan dibandingkan Februari 2023. Jumlah penumpang yang datang melalui penerbangan domestik pada bulan Maret 2023 mencapai 93.784 orang, naik sebesar 13,29 persen dibandingkan Februari 2023.

Meningkatnya Optimisme Pertumbuhan Ekonomi NTB

Sementara itu, sejak awal 2023, optimisme pertumbuhan ekonomi NTB sudah terlihat. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya pelaku usaha yang menggeluti sektor industri. Dalam empat tahun terakhir, pelaku usaha sudah banyak bergerak di bidang industri. Dengan begitu, sektor industri semakin baik dan perekonomian masyarakat semakin meningkat.

Kesimpulan

Dalam satu tahun terakhir, NTB terus mengalami pertumbuhan ekonomi yang positif.

RELATED ARTICLES
spot_img
Rabu, Juni 19, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Rabu, Juni 19, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -
- Advertisment -

Banyak Dibaca

- Advertisment -