Minggu, April 28, 2024
spot_imgspot_img
BerandaNTBPoltekpar Lombok Gelar Wonder Preneur Fest, Pertemukan Pelaku Usaha Pariwisata se Indonesia

Poltekpar Lombok Gelar Wonder Preneur Fest, Pertemukan Pelaku Usaha Pariwisata se Indonesia

- Advertisement - Universitas Warmadewa

HarianNusa, Lombok Tengah – Politeknik Pariwisata Lombok menyelenggarakan kegiatan Wonder Preneur Fest bertemakan “Face the Changing Era With Creativity and Inovation” dari tanggal 10 s/d 12 Agustus 2023.

Acara Wonder Preneur Fest yang digelar di Gor Politeknik Pariwisata Lombok, merupakan kegiatan yang ditujukan sebagai wadah untuk mempertemukan berbagai pelaku usaha yang berasal dari mahasiswa Pariwisata se-indonesia. Kegiatan ini mengangkat isu strategis yakni Digitalisasi, Budaya dan Lingkungan Berkelanjutan, Produk Halal serta SDM pada Industri Ekonomi Kreatif. Dalam rangkaian acara Wonder Preneur Fest meliputi kompetisi, coaching, talkshow, temu investor, panggung kreasi dan hasil project based learning.

Selain berkompetisi kegiatan ini bertujuan menjalin relasi usahawan dengan investor untuk bekerjasama dalam mengembangkan serta membangun bisnis, dimana peserta kompetisi juga dituntut mampu menciptakan produk dan jasa. Tercatat ada 25 perguruan tinggi serta SMA/K dengan 70 peserta yang berpartisipasi dalam event Wonder Preneur Fest 2023.

Kegiatan ini memiliki 2 sub bagian kegiatan utama yakni Wonder Competition dan Preneur Competition. Konsep Wonder Competition merangkul tema “Halal Tourism” yang ditujukan untuk memberikan pembekalan kepada peserta Wonder Preneur Fest dalam menambah ilmu terkait berwirausaha sesuai kebutuhannya dengan menargetkan peserta umum. Dengan sub mata lomba meliputi Digitalization, Pesantren Preneur, Moslem Friendly sesuai dengan CoE Poltekpar Lombok. Sedangkan Preneur Competition menjadi kegiatan inti dalam Wonderful Fest yang menargetkan Mahasiswa 6 Poltekpar dibawah Kemenparekraf/Baparekraf dan seluruh kampus se Indonesia yang memiliki program studi pariwisata.

Kegiatan ini memiliki 3 (tiga) kategori kompetisi yang akan dilombakan yakni Bussines Idea, Problem Solution Fit dan Pitching serta showcase tenant yang menjual produk barang/jasa mahasiswa Poltekpar maupun UMKM lokal Lombok.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bapak Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A., saat membuka kegiatan secara daring mengungkapkan, bahwa kewirausahaan harus melibatkan inisiatif dalam mengindentifikasi perkembangan untuk menciptakan nilai kretifitas melalui inovasi kreatif.

"Kegiatan ini adalah momen istimewa dimana kita bersama-sama menyatukan Visi Misi untuk mendorong potensi kewirausahaan. Saat ini Kemenparekraf / Baparekraf menargetkan 4,4 juta lapangan kerja dan menargetkan 30% dari lulusan 6 Poltekpar untuk mampu menjadi Entrepreneur," paparnya.

Sementara Direktur Politeknik Pariwisata Lombok Bapak Herry Rachmat Widjaja, M.M.Par., CHE., dalam sambutannya menyampaikan beberapa pesan kepada para peserta lomba.

“Central of Excellent Poltekpar Lombok adalah Halal Tourism tidak terlepas dari yang dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW bahwa pentingnya berwirausaha," ungkapnya.

Kegiatan turut dihadiri secara online oleh Sekertaris Menteri Kemenparekraf/Baparekraf, Dra. Ni Wayan Giri Adnyani, M.Sc., CHE. Serta hadir secara offline Kepala Pusat Pengembangan SDM Kemenparekraf/Baparekraf Bapak Faisal, M.M.Par., CHE.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini memberikan semangat dalam berwirausaha bagi para mahasiswa untuk memajukan pertumbuhan ekonomi di Indonesia serta memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. (03)

Ket. Foto:
1. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bapak Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A membuka kegiatan Wonder Preneur Fest secara daring.

2. Direktur Politeknik Pariwisata Lombok Bapak Herry Rachmat Widjaja, M.M.Par., CHE memberikan sambutan pada acara Wonder Preneur Fest. ( Istimewa)

RELATED ARTICLES
spot_img
Minggu, April 28, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Minggu, April 28, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Banyak Dibaca

- Advertisment -