Rabu, Juli 17, 2024
spot_imgspot_img
BerandaGaya HidupKesehatanManfaat Penting Camilan untuk Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Penting Camilan untuk Tumbuh Kembang Anak

- Advertisement - Universitas Warmadewa

Pemenuhan nutrisi makanan untuk bayi berusia 6 bulan, tidak cukup hanya dari ASI saja. Akan tetapi dibantu dengan makanan pendamping ASI (MPASI).

Masa pemberian MPASI menjadi masa yang paling penting, karena ikut berperan penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Apalagi di 1.000 hari pertama kehidupannya. Nutrisi perlu untuk dijaga agar anak dapat tumbuh dengan sehat dan maksimal.

Selain makanan utama, ada juga snack bayi yang berkualitas dan terbuat dari bahan alami yang ikut membantu menjaga pertumbuhan si kecil.

Salah satunya snack bayi dari Alamii yang sudah memiliki ijin edar, berbahan tanpa MSG, dan juga cemilannya dipangangang.

Bahkan ada salah stau penelitian yang mengatakan bahwa makanan ringan memberikan banyak manfaat baik untuk tumbuh kembang bayi dan anak-anak.

Seperti apa saja manfaat cemilan bayi ini? Mari kita simak ulasan lengkapnya berikut ini.

  1. Meningkatkan Asupan Nutrisi

Asupan nutrisi tidak hanya didapat dari makanan utama saja. Dari camilan juga membantu menambah asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh anak.

Snack bayi bisa diberikan di sela-sela waktu makan utama. Misalnya diantara makan pagi dan makan siang atau di sore hari sebelum waltu makan malam.

Namun, pastikan dengan memberikan snack yang kaya akan gizi, supaya tumbuhkembanga nak dapat didukung oleh gizi tersebut.

  • Sumber Energi & Kalori Tambahan

Bertambahnya usia bayi, maka semakin banyak juga energi yang dibutuhkan si kecil. Jumlah kebutuhan kalori ikut dipengaruhi juga oleh usia dan berat tubuh bayi.

Memberikan cemilan diselang waktu memberikan makan berat, maka konsumsi camilan di luar makanan berat, maka bayi akan mendapatkan asupan seperti bahan bakar yang lebih banyak untuk bisa melakukan beragam aktivitas, seperti bermain.

  • Membantu Perkembangan Kecerdasan Anak

Selain menjaga kesehatan anak, konsumsi camilan sehat juga berperan penting dalam mendukung perkembangan anak.

Makanan ringan yang mengandung protein seperti ikan dan daging. Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak anak. Selain itu, mineral pada daging dapat memperkuat daya ingat.

  • Menambah Referensi Rasa

Pemberian MPASI tidak bisa dilewatkan, karena menjadi momen penting yang tidak boleh dilewatkan. Pada masa ini, bunda dapat mengenalkan berbagai macam rasa dan tekstur makanan kepada bayi.

Apalagi dengan banyaknya varian rasa seperti snack bayi Alamii yang banyak, si kecil jadi belajar banyak rasa.

  • Membantu Optimalkan Perkembangan Motoriknya

Pemberian snack pada bayi tidak hanya berdampak pada kesehatan saja. Ternyata, snack bayi juga memiliki dampak pada sisi motorik si anak.

Misalnya dengan membiarkan anak mengambil, memegang, dan menyuap camilan sendiri.

Cara ini bisa memberikan kesempatan untuk anak belakar cara menggenggam dengan tangan dan jari-jari. Agar tetap aman, tetap pantau si kecil saat sedang makan cemilan.

  • Pilihan Sesuai Tahapan Usia

Bagi Bunda yang memiliki bayi berusia 6 bulan, memberikan biscuit dapat menstimulasi pertumbuhan gigi, gampang larut di air atau susu, dan mengandung gizi lengkap yang seimbang.

Kemudian bertumbuh lagi ketika bayi berusia 8 bulan, ia sudah bisa menggengam dan memindahkan sesuatu di kedua tangannya.

Pada masa ini, Ayah dan Bunda bisa melatih perkembangan motoriknya. Salah staunya dengan menggengam dengan finger food.

Itulah beberapa manfaat penting untuk camilan bayi yang bisa Bunda ikuti demi memberikan dukungan baik untuk pertumbuhan si kecil.

RELATED ARTICLES
spot_img
Rabu, Juli 17, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Rabu, Juli 17, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -
- Advertisment -

Banyak Dibaca

Berita Terbaru

- Advertisment -