Jumat, Juli 26, 2024
spot_imgspot_img
BerandaNTBKembangkan Anyaman Pandan, Pj Ketua PKK NTB Dukung Produk UMKM Mamben

Kembangkan Anyaman Pandan, Pj Ketua PKK NTB Dukung Produk UMKM Mamben

- Advertisement - Universitas Warmadewa

HarianNusa, Mataram – Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Hj. Lale Prayatni Gita Ariadi mendukung pemasaran berbagai produk pandan dari pengrajin UMKM Mamben Lombok Timur, untuk dipasarkan lebih luas. Hal tersebut disampaikan Bunda Lale, saat Kepala Dinas Perindustrian Nuryanti, SE, ME membawa beberapa contoh produk dari anyaman pandan, seperti sandal rumah, aneka tas cantik, dan rompi yang dipadukan dengan tenun khas NTB di Pendopo Gubernur (1/12/2023).

"Produk-produk ini nanti bisa kita pasarkan di berbagai hotel atau bisa dipromosikan menjadi goodie bag dalam berbagai acara," tanggapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bunda Lale menyampaikan beberapa saran terkait pengembangan produk anyaman pandan. Diantaranya dengan melakukan kolaborasi bersama pengrajin tenun maupun batik khas NTB, untuk corak yang lebih beragam.

"Selain itu PR kita adalah bagaimana membuat produk anyaman pandan ini bisa tahan air dan tahan lama," tuturnya.

Untuk itu, Dinas Perindustrian NTB juga diminta berkoordinasi dengan Kementerian Perindustrian sekiranya ada teknologi yang bisa menyelesaikan masalah tersebut. Sembari mencoba menciptakan sendiri teknologi untuk membuat anyaman pandan menjadi lebih tahan lama dan tahan air.

Pada akhir pertemuan, Bunda Lale berharap pemasaran produk-produk pengrajin lokal lebih masif lagi sehingga dapat menembus pasar dunia. (HN3)

Ket. Foto:
Kepala Dinas Perindustrian NTB memperkenalkan anyaman Pandan produk UMKM Mamben Lotim kepada PJ Ketua PKK NTB Hj Lale Prayatni Gita Ariadi. (Istimewa)

RELATED ARTICLES
spot_img
Jumat, Juli 26, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Jumat, Juli 26, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -
- Advertisment -

Banyak Dibaca

Berita Terbaru

- Advertisment -