Selasa, Juni 25, 2024
spot_imgspot_img
BerandaLombok BaratLombok Barat Luncurkan Indeks Transparansi Infrastruktur

Lombok Barat Luncurkan Indeks Transparansi Infrastruktur

- Advertisement - Universitas Warmadewa

HarianNusa, Lombok Barat – Pemerintah Kabupaten Lombok Barat meluncurkan Index Transparansi Infrastruktur (ITI). Kegiatan peluncuran dilaksanakan di Hotel Jayakarta Senggigi, Senin (22/01/2024). Dihadiri oleh Asisten 3 Setda Lombok Barat yang mewakili Bupati Kabupaten Lombok Barat, Kepala Dinas Perhubungan, konsultan CoST Internasional melalui zoom dan para kepala OPD Kabupaten Lombok Barat, Perwakilan CoST Internasional serta anggota tim koordinasi kelompok kerja dan sekertariat FLLAJ Lombok Barat.

Dalam sambutan Bupati Lombok Barat yang dibacakan oleh Asisten III Setda Lobar M. Hendrayadi, Keterbukaan Informasi Publik sangat dibutuhkan dalam pembangunan. Hal ini sesuai dengan amanat UU no 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Melalui keterbukaan informasi ini pembangunan akan berjalan dengan lancar dan partisipatif.

"Lombok Barat berkomitmen dalam melaksanakan pembangunan yang transparan dan partisipatif,"ujarnya.

Ia menyampaikan, bahwa Index Keterbukaan Informasi Publik dalam pembangunan infrastruktur menjadi hal yang sangat penting. Dimana hasil dari ITI ini akan memberikan beberapa manfaat seperti dapat memberi gambaran praktik keterbukaan informasi pembangunan infrastruktur di Kabupaten Lombok Barat, sebagai salah satu bahan evaluasi kinerja masing-masing OPD maupun entitas pengadaan lainnya dalam keterbukaan pekerjaan infrastruktur. Rekomendasi yang menjadi bagian dari laporan ITI akan menjadi dasar dalam penentuan kebijakan yang akan diambil nanti dalam upaya peningkatan kualitas dan efektifitas pembangunan infrastruktur di Kabupaten Lombok Barat.

"Pembangunan yang didasari atas kepercayaan akan menghasilkan pembangunan yang berkualitas serta akan mendorong peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," tekannya.

Seperti diketahui, Lombok Barat melalui Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan telah menjadi anggota CoST Internasional sejak tahun 2019. Dalam hal ini Lobar telah mengimplementasikan transparansi dengan membangun portal interaksi yang menggunakan standar internasional. Portal ini telah melakukan publikasi terhadap 2067 data pembangunan infrastruktur di Kabupaten Lombok Barat. (HN3)

Ket. Foto:
Kegiatan Peluncuran Indeks Transparansi Infrastruktur Kabupaten Lombok Barat. (Istimewa)

RELATED ARTICLES
spot_img
Selasa, Juni 25, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Selasa, Juni 25, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -
- Advertisment -

Banyak Dibaca

- Advertisment -