Selasa, Juni 25, 2024
spot_imgspot_img
BerandaNTBBawaslu Lombok Barat Gelar Bimtek untuk PTPS se Kecamatan Kediri

Bawaslu Lombok Barat Gelar Bimtek untuk PTPS se Kecamatan Kediri

- Advertisement - Universitas Warmadewa

HarianNusa, Lombok Barat – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lombok Barat melalui Panitia Pengawas Kecamatan Kediri menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi para Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se Kecamatan Kediri, Lombok Barat, bertempat di Lesehan Dian, Sabtu, 10 Februari 2024.

Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kediri, Subhan Muchlis, diwakili Koordinator Divisi P2H, Chandra Wirawan mengatakan bahwa, Kecamatan Kediri terdiri dari 10 Desa, untuk itu jadwal bimtek PTPS dilaksanakan selama tiga hari dimana dalam satu hari diikuti oleh PTPS dari dua atau tiga desa yang telah ditentukan.

"Total TPS kita di Kecamatan Kediri sebanyak 179 TPS jadi PTPS yang mengikuti bimtek ini sebanyak 179 orang, yang dibagi menjadi tiga hari, mulai dari Jumat, Sabtu dan Minggu," ungkapnya.

Untuk pemateri Bimtek tersebut, Chandra mengatakan bahwa pihaknya melibatkan orang-orang yang memang berkecimpung dan sudah ahli dalam pengawasan seperti Komisioner Bawaslu Lombok Barat sebelumnya.

Sementara Mantan Ketua Bawaslu Lombok Barat, Abrar selaku pemateri Bimtek, dalam pemaparannya salah satunya menyampaikan tugas dan tanggungjawab PTPS dalam mengawal pelaksanaan Pemilu agar berjalan secara lancar, adil dan jujur.

"Tugas Pengawas TPS ini adalah mengawal, mencegah, mengamati, mengawasi, dan mencatat. Sederhana tetapi berat," ungkapnya.

Pengawas TPS memiliki peran tersendiri dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu agar berjalan jujur dan adil.

Berdasarkan UU Nomor 17 Tahun 2017 mengenai Pemilu, pembentukan PTPS dilakukan paling lambat 23 hari sebelum pemungutan suara. Kemudian, PTPS dibubarkan 7 hari setelah pemungutan suara. (HN3)

RELATED ARTICLES
spot_img
Selasa, Juni 25, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Selasa, Juni 25, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -
- Advertisment -

Banyak Dibaca

- Advertisment -