Sabtu, Juli 27, 2024
spot_imgspot_img
BerandaNTBPanwascam Kediri Berikan Bimtek untuk Para Saksi

Panwascam Kediri Berikan Bimtek untuk Para Saksi

- Advertisement - Universitas Warmadewa

HarianNusa, Lombok Barat – Pemilihan Umum merupakan salah satu pilar demokrasi yang penting dalam menjalankan sistem pemerintahan suatu negara. Agar proses Pemilu berjalan dengan lancar, jujur, dan adil, , maka peran saksi dari partai politik atau peserta Pemilu sangat penting.

Untuk memastikan bahwa para saksi ini memiliki pemahaman dan keterampilan yang memadai saat menjalankan tugasnya di TPS masing-masing, Bawaslu Kabupaten Lombok Barat melalui Panwascam di masing-masing kecamatan yang ada melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk para saksi.

Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kediri, Subhan Muchlis diwakili Koordinator Divisi P2H, Chandra Wirawan mengungkapkan bahwa Panwascam Kediri melaksanakan Bimtek untuk para saksi yang akan bertugas di TPS-TPS yang ada di Kecamatan Kediri.

"Bimtek ini diikuti oleh para saksi baik dari partai politik peserta pemilu, Calon presiden, calon DPD, calon DPR RI, calon DPRD Provinsi NTB, dan calon DPRD Lombok. Masing-masing mengutus 1 orang saksi," ungkap Chandra ditemui di sela-sela kegiatan Bimtek di Lesehan Dian, Kediri, Lombok Barat, Sabtu, 10 Februari 2024.

Ia mengungkapkan bahwa para saksi yang yang hadir sangat antusias mengikuti bimtek yang dilaksanakan selama satu hari ini.

"Alhamdulillah pesertanya sangat antusias," ujarnya.

Bimtek saksi ini menghadirkan mantan Ketua Bawaslu Lobar, Abrar dan Ketua Divisi Hukum dan Sengketa Bawaslu Lobar, Hesty Rahayu sebagai pemateri.

Chandra mengungkapkan bahwa Bimtek ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para saksi bagaimana mekanisme dan SOP yang akan dilaksanakan pada saat menjalankan tugasnya.

"Nah bagaimana kedepannya dengan adanya bimtek ini mereka (para saksi) menjadi lebih faham dengan aturan," ujarnya.

Selain itu dengan bimtek ini para saksi diharapkan mampu bekerja secara profesional dan disiplin.

"Kita harapkan nantinya para saksi ini bisa bekerja dengan profesional. Bagaimanpun juga saksi adalah bagian Masyarakat yang juga bertugas menjaga demokrasi," pungkasnya. (HN3)

Ket. Foto:
1. Mantan Ketua Bawaslu NTB, Abrar memberikan materi Bimtek untuk para saksi peserta pemilu yang akan bertugas di TPS TPS di Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat. (Istimewa)

2. Para saksi peserta Pemilu 2024 yang akan bertugas di TPS-TPS di Kecamatan Kediri, Lombok Barat melakukan sesi foto bersama usai mengikuti bimtek. (Istimewa)

RELATED ARTICLES
spot_img
Sabtu, Juli 27, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Sabtu, Juli 27, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -
- Advertisment -

Banyak Dibaca

Berita Terbaru

- Advertisment -