Selasa, Juni 18, 2024
spot_imgspot_img
BerandaBisnisUMKM Desa Sebotok Mulai Bangkit Berkat Listrik 24 Jam, Rumah BUMN PLN...

UMKM Desa Sebotok Mulai Bangkit Berkat Listrik 24 Jam, Rumah BUMN PLN Siap Support

- Advertisement - Universitas Warmadewa

HarianNusa, Sumbawa – Kehadiran listrik 24 jam di Pulau Moyo telah memberikan berkah tersendiri. Salah satunya bagi Jumadi, warga Sebotok Kecamatan Labuhan Badas Kabupaten Sumbawa. Berprofesi sebagai petani sekaligus nelayan, Jumadi juga memiliki keahlian membuat kapal. Kehadiran listrik 24 jam sangat disyukuri oleh warga Pulau Moyo, khususnya di Desa Sebotok sebagai Desa terakhir di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang sebelumnya terlayani 12 jam kini telah berhasil dinyalakan selama 24 jam penuh.

“Alhamdulillah sekarang ini mulai sudah kami rasakan perbedaannya. Kami bersyukur karena beban genset kami sudah berkurang, kami tidak pakai bensin lagi. Menggunakan alat-alat ini sudah enak, mudah-mudahan kami ini diberi rezeki sama Allah. Dan Alhamdulillah, biaya semakin berkurang, alat mesin semoga tidak mudah rusak seperti sebelumnya, bisa kita pakai itu selama-lamanya,” harapnya.

Senada, Ayu, warga Desa Sebotok juga turut mengutarakan kegembiraannya. “Kalau siang hari kami tidak bisa beraktifitas dengan peralatan yang menggunakan listrik, seperti tidak bisa nonton, kalau mau tidur siang itu kepanasan karena tidak bisa menyalakan listrik, kalau mau jualan es juga tidak bisa di siang hari,” ujarnya.

“Perasaan saya senang sekali, listrik sudah bisa 24 jam, karena sudah tidak susah lagi kalau siang, mau jualan es bisa, mau isi air dengan mesin air juga tidak perlu menunggu malam lagi, dan kami bisa mengakses informasi dari televisi. Terima kasih kepada PLN, semoga listrik 24 jam ini akan bisa berjalan seterusnya tanpa kendala,” tutupnya.

Lalu Ahmad Taubih, S.AP., M.Sc., CHCM, selaku Ketua Sumbawa Education Entrepreneurship and Development (SEED) Program, yang juga pengelola Rumah BUMN Sumbawa besutan TJSL PLN NTB menyatakan siap mendukung UMKM yang nantinya akan muncul di Pulau Moyo. “Rumah BUMN PLN Sumbawa siap mendampingi UMKM di Pulau Moyo. Sumber daya dan kearifan lokal yang beranekaragam di Pulau Moyo tentunya memiliki potensi kekhasan tersendiri. Ini bisa menjadi bekal kuat untuk bersaing di pasar daerah,” ujarnya.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah NTB, Sudjarwo, menambahkan bahwa pada tahun 2023 lalu dari 96 UMKM Binaan, telah ada 10 UMKM yang masuk kategori Go Modern, 27 UMKM dengan kategori Go Digital dan 73 UMKM dengan kategori Go Online. “PLN tidak hanya berupaya untuk melistriki masyarakat, namun juga berusaha untuk memberikan dorongan pertumbuhan ekonomi khususnya kepada para UMKM,” ujarnya, Sabtu, 11 Mei 2024.

“Dengan adanya listrik 24 jam di Desa Sebotok dan komitmen pendampingan dari Rumah BUMN PLN Sumbawa, semoga dapat menghadirkan terang dan harapan bagi masyarakat Desa Sebotok untuk bersemangat memunculkan potensi daerah dan meningkatkan perekonomiannya untuk kehidupan yang lebih baik,” harap Sudjarwo.

Ket. Foto:
Jumadi, salah seorang warga desa Sebotok. Ia sangat bersyukur aliran listrik 24 sangat membantu pekerjaannya. (Istimewa)

RELATED ARTICLES
spot_img
Selasa, Juni 18, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Selasa, Juni 18, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -
- Advertisment -

Banyak Dibaca

- Advertisment -