Era Digitalisasi, Jurnalis Online Indonesia Dideklarasikan

110
Deklarasi berdirinya Jurnalis Online Indonesia (JOIN) di Jakarta. (istimewa)

HarianNusa.com, Nasional – Era globalisasi yang membawa internet mendunia menjadi sajarah baru bagi lahirnya media online. Digitalisasi yang menyeruak masuk menghadirkan sajian baru pada masyarakat dalam mengikuti perkembangan pemberitaan.

Media online yang banyak bermunculan, kini diikuti juga dengan dideklarasikan Jurnalis Online Indonesia (JOIN). Join merupakan organisasi pers yang dideklarasikan pada Senin (17/7) kemarin.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Hamdan Zoelva dipilih sebagai pembina dan pelindung JOIN. Organisasi pers baru ini memiliki badan hukum sesuai dengan SK Kemenkumham Nomor AHU-0008952.AH.01.07.TAHUN 2017 tanggal 05 Juni 2017.

Ketua DPW JOIN NTB, Indra Irawan LM, S.Kom yang dihubungi, mengatakan hadirnya JOIN sebagai ruang atau rumah yang menampung jurnalis online serta melindungi jurnalis dari intimidasi maupun kriminalisasi.

“JOIN adalah rumah yang aman dan nyaman bagi para Jurnalis Online Indonesia, rumah yang akan melindungi anda dari cuaca buruk dunia jurnalistik seperti intervensi, intimidasi dan kriminalisasi,” ujarnya Rabu (19/7).

Deklarasi berdirinya Jurnalis Online Indonesia (JOIN) di Jakarta. (istimewa)

Ia juga menambahkan kehadiran JOIN untuk memberantas segala bentuk pemberitaan yang sifatnya hoax, guna menumbuhkan jurnalisme yang sesuai dengan UU Pers maupun kode etik jurnalis.

“JOIN juga hadir untuk memerangi berita yang sifatnya hoax. Kita mengembalikan kepercayaan publik terhadap media yang bersih dan sesuai dengan UU Pers dan kode etik jurnalis,” pungkasnya.

Tidak hanya menampung wartawan online, JOIN juga terbuka bagi masyarakat yang peduli dan aktif menulis informasi dan berita (citizen journalist). Kini, keanggotaan JOIN mencapai ratusan orang yang tersebar se-Indonesia. (sat)