fbpx
23 C
Mataram
Senin, Januari 18, 2021
Update Covid-19 Indonesia
907,929
Total Kasus
Updated on 17/01/2021 6:28 pm
Beranda Lombok Barat BMKG Keluarkan Peringatan Dini Kekeringan di NTB

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Kekeringan di NTB

- Advertisement -Cloud Hosting Indonesia
- Advertisement -

HarianNusa.com, Mataram – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Kelas I Lombok Barat mengeluarkan peringatan dini kekeringan di NTB. Berdasarkan data curah hujan dan kondisi dinamika atmosfer, terpantau seluruh wilayah NTB masih berada pada periode musim kemarau.

Suhu muka laut di perairan NTB menunjukan kondisi netral hingga anomali negatif. Faktor lainnya yang mempengaruhi pola musim di NTB yakni El Nino Souther Oscillation (ENSO), yaitu prilaku suhu permukaan laut. Hal tersebut merupakan salah bagian yang mempengaruhi berkurangnya curah hujan di wilayah NTB.

Peluang curah hujan pada dasarian I Agustus 2017 umumnya <20 mm di sebagian besar NTB, dengan peluang 80 – >90 %, namun terdapat peluang hujan 20-50 mm/dasarian sebesar 40 – 70% di Lombok Barat bagian Selatan dan Kabupaten Sumbawa bagian Selatan.

- Advertisement -

Dengan kembalinya musim kemarau dan berkurangnya curah hujan di NTB, menjadi penting untuk diperhatikan ketersediaan air bersih dan kebutuhan air tanaman khususnya bagi lahan pertanian.

BMKG juga mengeluarkan prediksi wilayah di NTB yang terancam tidak diguyur hujan selama satu bulan lebih. Wilayah-wilayah tersebut yakni, Kabupaten Bima: Bolo (48 hari), Lambu (46 hari), Sape 2 (105 hari), Soromandi (47 hari), Wawo (34 hari).

Kabupaten Dompu: Pajo (48 hari); Lombok Timur : Sambelia ( 85 hari); Kabupaten Lombok Utara : Gangga (34 hari), Pemenang (35 hari), Pemenang Timur (34 hari), Tanjung (40 hari); Kabupaten Sumbawa : Labuhan badas (63 hari). (sat)

Berita Populer Pekan Ini

Ini Cara Mitigasi saat Gempa Bumi

HarianNusa.com - Indonesia berada pada cincin api Pasifik, sehingga potensi gempa bumi dan bencana alam lainnya selalu ada. Menghadapi ancaman bencana alam, mitigasi bencana...

Jarot Ingin Sumbawa Maju

HarianNusa.com, Sumbawa - Pesta demokrasi di Kabupaten Sumbawa akan digelar September tahun 2020i ini. Tana Samawa sudah mulai menghangat. Calon pemimpin masa depan Kabupaten...

Ratusan Homestay di NTB Siap Disewa Tamu Moto-GP 2021

Mataram - Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. H. Zulkieflimansyah, meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi NTB untuk berkoordinasi dan menyiapkan sebaik...

Gubernur NTB Resmikan Pabrik Teh Kelor di Mataram

HarianNusa.com, Mataram - Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah meresmikan langsung pabrik teh kelor yang dikelola oleh CV. Tri Utami Jaya, yang berlokasi di BTN...
- Advertisment -Cloud Hosting Indonesia