Tanggal 7-8 Agustus Warga NTB Dapat Saksikan Fenomena Gerhana Bulan

740
Ilustrasi gerhana bulan. (istimewa)

HarianNusa.com, Mataram – Warga NTB dapat menikmati fenomena gerhana bulan. Bahkan gerhana bulan akan muncul di seluruh Indonesia selama dua kali, yakni tanggal 7 dan tanggal 8 Agustus 2017. 

Berdasarkan rilis yang diterima dari BMKG, seluruh wilayah Indonesia kecuali Papua bagian timur akan dapat menyaksikan gerhana bulan tersebut.

Di NTB, pada 7 Agustus masyarakat dapat menyaksikan gerhana yang akan dimulai pukul 23.48 Wita. Sedangkan pada 8 Agustus, masyarakat dapat melihat fenomena tersebut pada pukul 04.52 Wita. Sedangkan puncak gerhana selama dua hari tersebut pada pukul 02.20 Wita.

Waktu terjadinya gerhana bulan. (data BMKG)

Dalam tahun 2017 ini sedikitnya tiga kali gerhana bulan dan dua kali gerhana matahari. Pada 11 Februari lalu terjadi gerhana bulan penumbra, pada 26 Februari terjadi gerhana matahari cincin, pada 7-8 Agustus terjadi gerhana bulan, dan nanti pada 21 Agustus terjadi gerhana matahari total. Sayangnya saat gerhana matahari total tidak dapat diamati dari Indonesia.

Gerhana bulan terjadi akibat terhalangnya cahaya matahari oleh bumi, sehingga cahaya tersebut tidak sampai ke bulan. Ini merupakan rotasi pergeseran matahari, bumi dan bulan yang dapat diprediksi ahli.

Sementara terkait gerhana bulan 7-8 Agustus besok akan dapat dilihat jelas oleh masyarakat, dengan syarat bulan tidak dihalangi awan. (sat)