NTB Terpilih untuk Pertama Kali jadi Tempat Penyelenggaraan Diklatpim II

48
Kepala LAN-RI (kiri) bersama Wagub NTB H M Amin (tengah) dan Sekda NTB Ir H Rosiyadi Sayuti, PhD

HarianNusa.com, Mataram – untuk pertama kalinya, Provinsi NTB terpilih sebagai tempat penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Pimpinan tingkat II (Diklatpim II). Kamis, (11/8).

Diklatpim II adalah sarana pemerintah untuk memberikan pelatihan bagi pejabat setara eselon II. Seperti Kepala Dinas, Badan dan Kepala Instansi lainnya.

Disampaikan kepala Lembaga Administasi Negara (LAN) Republik Indonesia, Dr. Adi Suryanto, M. Si, terpilihnya NTB didasarkan pada penilaian bahwa Pemerintah Provinsi NTB di bawah Kepemimpinan TGB-Amin memiliki kelebihan dan kesungguhan dibanding daerah lainnya.

“Banyak provinsi lain kami tolak. Tetapi karena melihat Provinsi NTB memiliki kelebihan dan menunjukkan kesungguhan, maka kami pilih sebagai lokasi pelaksanaan Diklatpim II ini,” ujarnya.

Terlepas dari itu, ia berharap Diklatpim II ini menghasilkan lulusan yang tidak hanya berwawasan luas, tetapi juga memiliki integritas pada pekerjaannya.

“Kami ingin Diklatpim II ini menghasilkan pejabat yang berperan maksimal dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat dan bisa menciptakan sistem birokrasi yang prosedurnya mudah dan cepat. Selama ini birokrasi di Indonesia terkenal sangat membingungkan seperti komedi putar,” terangnya.

Sementara itu Wakil Gubernur NTB H M Amin, SH, M. Si sangat mengapresiasi terpilihnya NTB sebagai lokasi pelaksanaan Diklatpim II itu. Karena sebelumnya, kegiatan selalu diadakan di luar daerah. Yang teranyar, lanjut Amin kegiatan Diklatpim II diadakan di Jatinangor Provinsi Jawa Barat.

“Ini yang pertama kali dilaksanakan oleh Kampus Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDM) Provinsi NTB. Sebelumnya Diklatpim II dilaksanakan di Kampus Pusdiklat Kepemimpinan Aparatur Nasional di Jatinangor,” katanya.

Untuk diketahui, kegiatan yang dilaksanakan di Wisma Tambora BPSD Provinsi NTB itu selain dihadiri Wagub, turut hadir pula Sekretaris Daerah Provinsi NTB Ir. H. Rosiady Sayuti, Ph.D. (sta)