Pelepasan Jemaah Haji Kloter Pertama Dikawal Satlantas Polres Mataram

36
Satlantas Polres Mataram kawal pelepasan keberangkatan jemaah haji. (satria/hariannusa.com)

HarianNusa.com, Mataram – Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh secara langsung melakukan pelepasan calon jemaah haji kloter pertama. Pelepasan tersebut dilakukan di Pendopo Walikota Mataram, Jumat (11/8).

Usai melakukan pelepasan, calon jemaah haji kemudian diantar menuju Asrama Haji di Jalan Lingkar Selatan, Kota Mataram. Kasatlantas Polres Mataram, AKP Suherdi secara langsung memimpin pengawalan jemaah haji.

Pengawalan tersebut dilakukan ekstra aman. Satlantas Polres Mataram mengawal jemaah haji guna memberikan rasa aman, lancar dan kondusif terhadap jemaah.

“Pagi tadi sekitar pukul 10.30 wita, kita mengawal jemaah haji usai pelepasan di Pendopo Walikota Mataram. Jemaah haji tersebut akan dibawa ke Asrama Haji,” ujar Kasatlantas Polres Mataram, AKP Suherdi.

Sekitar 100 personel gabungan melakukan pengamanan di Asmara Haji. Hal tersebut untuk mengantisipasi terjadinya aksi kriminalitas dan kemacetan. Pengamanan dan pengawalan tersebut akan dilakukan secara rutin hingga kloter terakhir nantinya.

“Ada sekitar 100 personel gabungan kita tempatkan di sekitar Asrama Haji. Ini untuk memberikan keamanan dan kenyamanan di sana,” pungkasnya.

Polres Mataram sendiri juga telah membentuk Pos Pengamanan Terpadu Ibadah Haji. Di sana akan ditempatkan personel kepolisian untuk berjaga.

Seperti diketahui, jumlah kuota haji di NTB pada 2017 mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Di tahun ini, jumlah kuota haji sebanyak 4.498, lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya sebanyak 3.572.

Sementara terdapat 11 kloter keberangkatan jemaah haji. Sembilan di antaranya kloter utuh, yakni 450 jemaah ditambah lima petugas dalam setiap kloter tersebut. Sementara untuk Jemaah haji asal Lombok juga mengalami penambahan. Jika sebelumnya 350 jemaah, di tahun ini naik menjadi 450 jemaah. Untuk keberangkatan Jemaah haji embarkasi Lombok masuk pada gelombang ke dua, mulai tanggal 12 hingga 26 Agustus 2017. (sat)