Desa Lingsar Raih Juara Satu Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Nasional

344
Rusditah (kanan atas) saat diarak sepulang dari Jakarta menemani Abdul Hadi (kiri atas) selaku Kades Lingsar. (sta/hariannusa.com)

HarianNusa.com, Mataram – Desa Lingsar, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat berhasil meraih juara satu nasional pada ajang Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional yang diadakan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Senin, (21/8).

Kepada HarianNusa.com, Camat Lingsar Rusditah yang selama satu minggu menemani Kepala Desa Lingsar Abdul Hadi selaku perwakilan Desa Lingsar saat penentuan pemenang di Jakarta, menyampaikan rasa syukur atas terpilihnya Desa Lingsar sebagai juara satu pada ajang tersebut. Menurutnya hal itu merupakan prestasi luar biasa, karena Desa Lingsar mendapat apresiasi nasional.

Terkait dengan beberapa indikator yang membuat Desa Lingsar berhasil menjuarai ajang tersebut? Rusditah menyampaikan bahwa, beberapa hal yang menjadi kelebihan Desa Lingsar dibanding Desa-desa lain di Indonesia adalah kelengkapan sistem administrasi, inovasi administratif semisal surat-menyurat yang sudah menggunakan media daring, serta toleransi tinggi antar agama yang ditunjukkan masyarakat Desa Lingsar melalui ajang perang topat.

“Surat-menyurat sudah online, ada juga batok kelapa, serta Perang Topat, Mereka juga punya Radio FM di mana salah satu programnya adalah, satu jam Kades menyapa warga,” ujarnya.

Saat ditanya harapan ke depan dengan terpilihnya Desa Lingsar sebagai juara nasional? Rusditah mengatakan kalau prestasi tersebut tidak boleh menjadi alasan untuk berhenti berkarya dan berinovasi, Desa Lingsar harus lebih memacu diri agar lebih baik lagi ke depannya. Sedangkan untuk desa-desa lain yang ada di Kabupaten Lombok Barat, khususnya Kecamatan Lingsar, agar menjadikan prestasi Desa Lingsar tersebut sebagai motivasi untuk berbenah diri, sehingga pada tahun-tahun mendatang, desa mereka juga bisa membanggakan daerah, seperti halnya Desa Lingsar.

“Kita undang semua SKPD, dan semua Kepala Desa se-Lombok Barat untuk mengarak piala dari BIL (LIA) sampai Kantor Camat, agar menjadi motivasi untuk sama-sama berbenah,” katanya.

Untuk diketahui, tak hanya Desa Lingsar, Provinsi NTB pada ajang tersebut juga mengirim Kelurahan Banjar, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram. Dan luar biasanya, baik Desa Lingsar maupun Kelurahan Banjar sama-sama berhasil meraih juara satu nasional. (sta)

iklanbebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online