Api Rokok Pendaki Jadi Penyebab Gunung Rinjani Terbakar

341
Sekitar 60 hektar lahan di Taman Wisata Gunung Rinjani terbakar. (ist/hariannusa.com)

HarianNusa.com, Mataram – Taman Wisata Gunung Rinjani dilalap api. Sekitar 60 hektar lahan di Kawasan Wisata Gunung Rinjani hangus terbakar. Kebakaran terjadi sekitar pukul 17.30 Wita, Senin (21/8).

Sebanyak 16 regu pemadam kebakaran diturunkan untuk memadamkan api. Pukul 03.00 wita dini hari api yang mengarah ke Pelawangan – Sembalun berhasil dipadamkan. Tim pemadam masih berupaya memadamkan api ke arah pos tiga. Sementara pendaki dievakuasi menjauh dari pos tiga.

Dugaan sementara, kebakaran tersebut dipicu puntung rokok yang dibuang dalam keadaan masih menyala oleh salah seorang pendaki. Dengan cepat api membakar rumput kering di sekitarnya.

“Kebakaran tersebut diduga akibat puntung rokok salah seorang pengunjung,” ujar Kepala Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Agus Budi Santoso, Selasa (22/8).

Salah seorang pengunjung yang diduga menyebabkan kebakaran tersebut kemudian diamankan pemadam kebakaran. Selanjutnya pengunjung tersebut diserahkan ke Polsek Sembalun untuk penyidikan lebih lanjut.

“Pengunjung yang diduga sebagai penyebab kebakaran dalam perjalanan turun di kawal petugas dan akan dibawa ke Polsek Sembalun,” pungkasnya. (sat)