fbpx
23 C
Mataram
Jumat, November 27, 2020
Update Covid-19 Indonesia
516,753
Total Kasus
Updated on 26/11/2020 11:36 pm
Beranda Headline Bhabinkamtibmas Cantik Sang Penjaga Desa

Bhabinkamtibmas Cantik Sang Penjaga Desa

- Advertisement -Cloud Hosting Indonesia
- Advertisement -

HarianNusa.com, Nasional – Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) merupakan polisi yang ditempatkan di sebuah desa atau lingkungan. Bhabinkamtibmas identik dengan polisi laki-laki, namun bukan berarti polisi wanita (Polwan) tidak dapat menjadi Bhabinkamtibmas.

Seperti yang satu ini. Dialah Bripda Istiqomah Sri Rahayu. Wanita yang hobi berolahraga ini menjadi Bhabinkamtibmas di Desa Bantarujeg, wilayah hukum Polres Majalengka, Jawa Barat.

Cantik yang mempesona tidak lantas membuatnya hanya duduk berias diri. Di desanya dia merupakan sosok panutan masyarakat yang menjadi tempat masyarakat mencurahkan keluhannya terkait masalah desa maupun menjadi mediator setiap masalah.

- Advertisement -

Menurutnya, Polwan memiliki peran dalam mewujudkan tujuan Polri dengan cara humanis. Keberadaan Bhabinkamtibmas wanita dibutuhkan untuk memecah setiap persoalan desa secara humanis.

“Polwan dapat mengambil peran peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap Polri, dengan tindakan yang humanis namun tetap tegas,” pungkas dara manis kelahiran Majalengka ini.

Usianya terpaut cukup muda, baru berusia 20 tahun, namun tekatnya sebagai pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat terus membara semerah bibir manisnya.

Menurutnya, ada hal yang menguntungkan bagi masyarakat jika Bhabinkamtibmas desa seorang Polwan, yaitu bisa mencurahkan setiap permasalahan yang berhubungan dengan perempuan dan anak secara terang-benderang.

“Polwan sebagai seorang perempuan memiliki naluri sebagai seorang ibu yang lebih dekat dengan anak. Misalnya ada kasus pelecehan terhadap anak perempuan, maka Polwan berperan dalam melaksanakan tugasnya,” paparnya.

Pendekatan hati ke hati menurutnya lebih efektif menangani persoalan yang dihadapi perempuan dan anak. Selain itu, dia juga mengatakan dapat bernegosiasi dengan pendemo agar aksi demo tidak berujung anarkis.

Pesona Cleopatra yang dimilikinya mampu membawa desa tersebut menjadi desa yang aman. Setiap persoalan desa diselesaikan secara kekeluargaan. Dialah sosok sandaran hati masyarakat desa mencurahkan permasalahannya. (sat)

- Advertisement -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -

Berita Populer Pekan Ini

Sembilan Wakil NTB Raih Juara di MTQ Nasional 2020

HarianNusa.com, Padang - Sebanyak sembilan wakil Provinsi NTB berhasil meraih juara di ajang MTQ Nasional XXVIII Tahun 2020 yang berlangsung di Kota Padang Provinsi...

Wow, Hujan Es di Lombok Timur

HarianNusa.com, Mataram - Peristiwa hujan es terjadi di Desa Kota Raja dan Montong Gading, Ahad 22 November 2020. Fenomena ini terjadi sekitar pukul...

Ini Cara Mitigasi saat Gempa Bumi

HarianNusa.com - Indonesia berada pada cincin api Pasifik, sehingga potensi gempa bumi dan bencana alam lainnya selalu ada. Menghadapi ancaman bencana alam, mitigasi bencana...

Jarot Ingin Sumbawa Maju

HarianNusa.com, Sumbawa - Pesta demokrasi di Kabupaten Sumbawa akan digelar September tahun 2020i ini. Tana Samawa sudah mulai menghangat. Calon pemimpin masa depan Kabupaten...
- Advertisment -Cloud Hosting Indonesia