fbpx
23 C
Mataram
Sabtu, Oktober 31, 2020
Update Covid-19 Indonesia
406,945
Total Kasus
Updated on 31/10/2020 4:43 am
Beranda Ekonomi NTB akan Jadi Pusat Produksi Sapi Nasional

NTB akan Jadi Pusat Produksi Sapi Nasional

- Advertisement -Cloud Hosting Indonesia
- Advertisement -

HarianNusa.com, Mataram – NTB menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang mendapat perhatian khusus pemerintah pusat. Perhatian tersebut berkaitan dengan rutinitas ekspor sapi dari NTB pada tiap daerah di Indonesia. Pada pertengahan tahun 2017 ini, NTB mengespor sapi sebanyak 30 ribu ekor dan sapi pedet sebanyak 10 ribu ekor.

Sekretaris Anggota Watimpres, Darmadi beserta tim kajian menggelar rapat di Kantor Gubernur NTB, Rabu (6/9). Rapat tersebut membahas peluang NTB sebagai pusat produksi sapi nasional. Rapat tersebut didamping Wagub NTB, H. Muh Amin.

Amin mengatakan untuk meningkatkan populasi sapi nasional diperlukan komitmen kuat semua pihak dalam menjalankan program breeding (beternak) secara berkelanjutan dan melakukan pendekatan potensi kawasan.

- Advertisement -

“Bagi daerah yang memiliki potensi ruminansia (hewan pemamah biak) cukup propestik seperti NTB, perlu mendapat prioritas perhatian untuk dikembangkan,” ujarnya.

Khusus di Pulau Sumbawa, sejarah mencatat beternak sapi merupakan tradisi turun temurun masyarakat di sana. NTB tercatat memiliki prestasi dalam perdagangan sapi sejak puluhan tahun.

“Memilih Provinsi NTB sebagai salah satu daerah kajian pengembangan peternakan sapi di Indonesia, bukan hanya pilihan yang tepat, melainkan lebih dari itu. Akan sangat berarti membangkitkan kejayaan NTB sebagai pusat peternakan, khususnya produksi sapi,” paparnya.

Hasil kajian nanti akan dilaporkan pada Presiden Jokowi untuk memutuskan kelayakan NTB sebagai tempat produksi sapi nasional. (sat)

- Advertisement -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -

Berita Populer Pekan Ini

Kunjungi Sumbawa, Wagub Semangati Para Nakes

HarianNusa.com, Sumbawa - Rumah Sakit menjadi salah satu garda terpenting dalam penanganan Covid-19. Tidak sedikit tenaga kesehatan yang menjadi korban wabah ini. Oleh karena...

Jarot Ingin Sumbawa Maju

HarianNusa.com, Sumbawa - Pesta demokrasi di Kabupaten Sumbawa akan digelar September tahun 2020i ini. Tana Samawa sudah mulai menghangat. Calon pemimpin masa depan Kabupaten...

Ini Cara Mitigasi saat Gempa Bumi

HarianNusa.com - Indonesia berada pada cincin api Pasifik, sehingga potensi gempa bumi dan bencana alam lainnya selalu ada. Menghadapi ancaman bencana alam, mitigasi bencana...

Operasi Zebra Gatarin 2020 di KSB Sasar Objek Pariwisata dan Pelabuhan penyebrangan

HarianNusa.com, Sumbawa Barat – Para pengendara di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) baik roda dua maupun roda empat harus melengkapi surat-surat kendaraan seperti STNK dan...
- Advertisment -Cloud Hosting Indonesia