Mantan Pangdam Udayana Apresiasi Keberhasilan TGB Cegah Konflik

77
TGB bersama Mantan Pangdam Udayana, Letjen TNI (purn) Kiki Syahnakri. (dok. Biro Humas Protokol Pemprov NTB)

HarianNusa.com, Mataram – Mantan Pangdam Udayana, Letjen TNI (purn) Kiki Syahnakri mengapresiasikan kepemimpinan TGH M Zainul Majdi atau akrap disapa Tuan Guru Bajang (TGB). Hal tersenut diucapkannya saat berlangsungnya Forum Group Discussion Seri 4 dan Simposiun Nasional di Jakarta, Selasa (19/9).

Menurutnya, TGB selama dua periode masa kepemimpinannya mampu mewujudkan kerukunan masyarakat di NTB. Padahal sebelumnya NTB pernah dilanda isu SARA yang mengganggu toleransi umat beragama.

“NTB di bawah kepemimpinan TGB berhasil mencapai kemajuan yang sangat pesat di berbagai bidang dan semua sektor kehidupan masyarakat,” ujarnya.

Kiki Syahnakri juga menceritakan pengalamannya saat menjabat Pangdam Udayana era tahun 1999-2000, di mana sempat terjari konflik SARA di NTB. Berdasarkan pengamantannya, konflik tersebut disebabkan adanya provokator dari luar NTB.

Saat itu, ia mengajak para Tuan Guru di Lombok untuk meredam situasi dengan memberikan himbauan pada masyarakat. Alhasil, konflik dapat diredam berkat turun tangannya ulama dalam mengatasi konflik.

Ia merasa takjub dengan kepemimpinan NTB dalam merawat keharmonisan umat beragama. Bibit konflik sekecil mungkil selalu dibasmi guna menciptakan keharmonisan. (sat)